Pernah tidak kamu berada di posisi yang sangat membutuhkan uang, tapi ternyata kamu tidak punya tabungan untuk keadaan genting seperti itu? Pasti kamu akan merasa kebingungan dan kamu punya 2 opsi yaitu meminjam ke teman atau orangtua.

Sebelum hal seperti itu terjadi atau terjadi lagi, lebih baik kamu mulai melakukan ‘diet’ keuangan. Apa itu ‘diet’ keuangan? Kamu harus bisa mengatur keseimbangan pengeluaran dan pemasukanmu.

Inilah cara-caranya agar ‘diet’ keuanganmu berhasil serta bisa mendapat hasil maksimal dalam satu bulan!

1. Mulai Dengan Keuanganmu Sendiri

14.jpg

Uang adalah kunci utama untuk membeli dan mendapatkan barang. Ketika kamu tidak bisa mengatur keuangan ini dengan baik, maka kamu dipastikan akan kesulitan.

a. Saatnya kamu membagi uangmu dalam bagian-bagian yang penting. Misalkan, ketika kamu gajian atau mendapat kiriman dari orangtua, pisahkan sejumlah uang dalam beberapa bagian. Kamu akan punya bagian pembayaran wajib, ditabung dan pemenuhan kebutuhan.

b. Dari bagian pemenuhan kebutuhan, kamu bagi lagi dalam 4 amplop untuk masing-masing minggu selama 1 bulan. Nah, tandai amplop itu sesuai dengan tanggal amplop ini boleh dibuka. Misalkan, setiap hari Selasa baru kamu boleh buka dan pakai uangnya.

c. Maka, dengan pengaturan keuangan tersebut, kamu jadi bisa mengontrol diri untuk menggunakan uang. Jadi, kamu tidak memegang banyak uang dalam dompet sekaligus. Kamu jadi bisa membatasi diri setiap minggunya.

2. Hal Penting Dalam Hidup, yaitu Makanan

15.jpg

Makanan adalah salah satu unsur primer dalam hidup kita. Memang akan sulit ketika kamu berpikir harus mengurangi makan. Terlebih, ketika ada abang-abang nasi goreng kesukaanmu lewat. Namun, kamu harus mulai menguatkan diri dengan cara:

a. Dalam 4 minggu ‘diet’ keuanganmu, kamu bisa mulai dengan berbelanja mingguan. Namun, belanja kali ini berbeda. Kamu harus benar-benar membatasi diri dengan makanan dan keperluan yang hanya untuk 1 minggu. Misalkan, kamu punya kemampuan memasak, maka belilah sayur atau bahan makanan lainnya, serta mie instan selama 1 minggu. Kamu bisa mulai dengan memasak sayuran di 3 hari pertama. Kemudian, kalau kamu bosan, kombinasikan dengan mie instan ataupun lauk lain. Namun, ingat, lauk yang kamu gunakan adalah yang selama 1 minggu itu kamu beli.

b. Nah, yang berikutnya ini adalah hal-hal kecil yang kita kira murah, tapi memberatkan biayamu, yaitu snack atau cemilan. Terlebih, jika kamu yang suka ngemil, ini merupakan cara yang benar-benar harus kamu dalami. Kamu harus bisa mengontrol diri untuk mengurangi membelinya. Kenapa begitu? Coba pikirkan, seberapa banyak cemilan yang sudah kamu beli selama ini, mengenyangkan perut sih, tapi menguras kantongmu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan diet sesungguhnya juga agar tubuhmu menjadi lebih ideal.

c. Ketika tidak ada snack, kamu pasti akan merasa ada ruang kosong yang harus diisi bukan? Maka, mulai mengatur jadwal makan yang baik berdasarkan jumlah belanja mingguanmu. Misalkan, kamu bisa makan 3 kali sehari dengan porsi sedang. Jadi, setiap 8 jam, kamu tidak akan menjadi terlalu lapar lagi.

d. Namun, kamu harus ingat, jangan menggunakan uang dalam amplop 1 minggu ini langsung habis. Kamu harus bisa mengontrol diri juga. Itulah mengapa harus benar-benar menekankan pada diri bahwa ‘membeli apa yang dibutuhkan saja’.

3. Banyak Dari Pakaianmu yang Pasti Masih Layak Pakai

16.jpg

Masalah pakaian juga harus kamu benar-benar perhatikan. Kamu pasti masih punya banyak pakaian layak yang bisa kamu kenakan. Caranya seperti apa?

a. Baju dan celana lamamu bisa coba dicocokkan kembali. Warna-warna yang masih bagus dan keadaan yang masih utuh bisa kamu gunakan lagi. Kamu juga bisa menambahkan aksesoris yang sudah lama dan jarang kamu gunakan.

b. Masalah tren saat ini, jangan mudah ikut begitu saja. Menahan diri, selayaknya pengeluaran untuk makanan. Jangan kamu keluarkan uang untuk kebutuhan yang belum tentu wajib kamu perbarui. Tren tidak harus baru, yang penting kamu pandai mencocokkan saja apapun yang ada.

c. Sadarkah sekarang sedang masa post-modern, di mana kondisi seolah-olah kembali ke tren lama. Mulai dari potongan rambut sampai pakaian. Nah, kesempatan seperti ini bisa kamu manfaatkan dengan menyimpan pakaian-pakaian lamamu. Simpan saja dengan kamfer agar tidak berbau tidak sedap. Ketika tren-tren baju lama kembali muncul di kemudian hari, kamu tidak perlu membeli lagi karena kamu sudah punya.

d. Karena pakaian hanya untuk ‘membungkus’ dirimu. Masih banyak kebutuhan penting lainnya yang harus kamu penuhi. Jangan mudah terlena dengan diskon besar-besaran. Intinya sama saja, meskipun harga murah, tapi dalam jumlah banyak. Kantongmu juga akan terkuras.

4. Selain Pakaian, Sepatu atau Alas Kaki Juga Bisa Kamu Simpan Dengan Baik

17.jpg

Kamu pasti memerlukan alas kaki untuk kemana-mana. Jadi ini juga salah satu hal yang krusial.

a. Jika kamu masih punya sepatu bagus tapi kelihatan kusam, jangan dibuang. Kamu bisa membersihkannya, jadi kamu juga tidak mengeluarkan biaya besar untuk sepasang sepatu baru.

b. Kalau sandal itu mudah, gunakan dengan baik. Jika kamu bisa menjaganya, sandal bisa digunakan dalam waktu yang lama.

5. Lokasi Nongkrong dan Jalan-Jalan yang Tidak Perlu, Jangan Terlalu Sering Didatangi

18.jpg

Berapa banyak uang yang sudah kamu keluarkan untuk lokasi-lokasi ini? Ini adalah salah satu pengeluaran tidak wajib yang memakan biaya besar.

a. Mulai kurangi mengunjungi mal-mal. Berada di rumah atau kos sembari akses internet dan menonton pun tidaklah masalah.

b. Kemudian masalah coffee shop. Lokasinya memang nyaman dan asik. Namun, kamu tidak perlu sering-sering ke sana dan menghabiskan uang yang tidak sedikit.

c. Lokasi wisata dadakan yang tidak terduga seperti kamu ke Bandung, Puncak, ataupun lokasi lainnya yang kamu kira dekat dan tidak akan memakan biaya. Justru yang tidak terduga ini yang akhirnya memaksamu untuk mengeluarkan sejumlah uang agar dapat melengkapi jalan-jalanmu.

d. Nonton di bioskop? Kalau filmnya tidak bagus dan menarik perhatianmu mending tidak usah. Ketika kamu pergi begitu saja ke bioskop hanya karena bosan, maka keuanganmu akan mulai berantakan lagi. Nonton yang tidak wajib malah membuatmu lebih kesusahan.

5. Kurangi Belanja Online Mulai Dari Sekarang

19.jpg

Dengan zaman yang serba mudah dengan kehadiran dan fungsi besar internet, belanja pun menjadi sangat mudah. Memang harus diakui itu, terutama barang-barang, serta pernak pernik unik yang dilihat dari foto-foto di akun instagram.

a. Mulai kurangi melihat situs dan akun jualan online. Hanya melihat ini saja di saat kamu perlu. Langkah pertama ini memang akan sulit, terutama jika kamu yang hobi melakukannya.

b. Ingat, foto itu digunakan untuk menarik perhatianmu. Maka dari itu, kuatkan dirimu untuk tidak melirik-lirik jualan online.

7. Hobimu Bisa Kamu Teruskan Ketika Keuanganmu Sudah Stabil

20.jpg

Setiap orang pasti mempunyai hobi, mulai dari mengoleksi barang sampai melakukan kegiatan-kegiatan tertentu. Jadi cara yang bisa kamu lakukan adalah:

a. Misalkan kamu mempunyai hobi mengoleksi jersey atau action figure dengan harga yang tidak murah. Mulailah mengurangi dan hindari membeli. Kamu bisa mulai keluar dari grup-grup tertentu di sosial media yang menjual barang-barang tersebut. Kamu harus bisa menahan diri. Salurkan uang hobimu itu untuk keperluan yang lebih penting, seperti untuk makanan dan menabung demi masa depan.

b. Sisihan uang tersebut dapat dilakukan sekaligus. Misalkan, benar-benar blok pengeluaran untuk hobi mahalmu ini. Kamu mencoba untuk mengontrol diri dengan katakan pada diri “hobi dapat kamu teruskan ketika keuangan sudah stabil”. Tanamkan hal-hal seperti itu dalam pikiranmu.

c. Kamu hobi olahraga? Memang menyehatkan, tapi menyewa lokasi serta alat yang tidak murah akan menjadi biaya tidak terduga yang akan menguras kantongmu. Kamu bisa mulai dengan mengurangi frekuensi olahraga itu dan menggantikannya dengan hal yang lain. Misalnya, kamu yang biasa pergi gym, sekarang bisa lari keliling blok rumah atau melakukan olahraga di rumah. Memang drastis, tapi lihat keuanganmu, pasti akan membaik.

9. Hapuskan Uang Rokok

21.jpg

Bagi kamu yang perokok, sadarkah kalau itu adalah salah satu tambahan berat bagi keuanganmu? Kamu menambahkan belasan ribu per minggu. Sementara, kamu bisa menggunakan belasan ribu itu untuk makan dan ditabung.

a. Kurangi atau hilangkan rokok dalam hidupmu. Selain lebih menyehatkan diri, kamu juga lebih punya uang lebih untuk makan atau ditabung. Misalkan, kamu menghabiskan 2 bungkus dalam seminggu, kurangi dengan 1 bungkus saja dalam seminggu, atau bisa juga kamu langsung hapuskan konsumsi rokok.

b. Misalkan kamu bingung caranya menghindari rokok, mulai dengan mengganti uang rokok itu dengan permen. Tidak perlu banyak, belanjakan 3.000 sampai 4.000 rupiah saja untuk permen. Gantikan rokok dengan permen.

Advertisements