Di Balik Warna Cantik Starbucks Unicorn Frappucino, Terdapat Bahaya Kesehatan. Apakah itu?

Segala sesuatu yang bertema Unicorn tengah menjadi primadona di tahun ini. Mulai dari makeup hingga ramen, fenomena unicorn atau paduan warna-warna pink, ungu dan biru pastel ini juga merambah ke minuman, yaitu gerai kopi asal Amerika, Starbucks yang belum lama ini merilis minuman bernama Unicorn Frappucino.

23.jpg

Unicorn Frappucino adalah menu baru yang bisa ditemui di gerai-gerai Starbucks yang tersebar di beberapa kota seperti Toronto, Virginia dan Vancouver. Namun sayangnya, tidak semua orang senang atas peluncuran minuman warna-warni ini.

Beberapa barista Starbucks merasa kesal dengan hadirnya Unicorn Frappucino. Rumit dan lamanya peracikan minum ini dianggap menjadi alasan utamanya. Belum lagi, banyak pelanggan yang sengaja datang ke Starbucks hanya ingin memesan minuman tersebut, bahkan 1 ordernya bisa mencapai 56 gelas!

24.jpg

Selain barista yang kesal dan mengeluh, rupanya ada kabar tidak sedap yang mencuat dari segi kesehatan. Di balik warna-warni Unicorn Frappucino yang menggemaskan, ternyata kandungan gula dari minuman ini sangatlah tinggi.

25.jpg

Dilansir dari Best Health Magazine, 1 cup Unicorn Frappucino berukuran grande ternyata mengandung 59 gram gula yang setara dengan ukuran 12 sendok teh gula. Sedangkan untuk ukuran venti, diketahui sebanyak 76 gram gula terkandung didalam minuman tersebut.

Padahal World Health Organization (WHO) hanya menyarankan mengonsumsi gula maksimal 6 sendok teh gula per hari atau sekitar 36 gram untuk pria dan 25 gram untuk wanita.

Kandungan gula yang tinggi mengindikasikan, bahwa kalori yang ada di dalamnya juga sangat tinggi. Nutrisi per sajian Unicorn Frappucino mengandung 410 kalori, 5 gram protein, 6 gram lemak (10 gram lemak tidak jenuh), 62 gram karbohidrat, 0 gram serat, 45 miligram kolesterol, 230 miligram sodium dan 59 gram gula.

Warna-warni unicorn yang didapat juga berasal dari pewarna makanan yang jika dipakai terlalu banyak bisa mengganggu kesehatan. Selain itu, juga ditemukan kandungan karaginan yaitu bahan tambah pangan yang biasa digunakan untuk bahan pengenyal, pengental dan penstabil pada produk pangan seperti sosis, produk susu, keju dan es krim.

26.jpg

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemakaian karaginan dilarang karena bisa memicu terjadinya inflamasi dan kanker. Mono dan digleserida asam lemak yang terkandung pada Unicorn Frappucino juga merupakan bahan tambahan makanan yang susah untuk dicerna dalam tubuh. Lemak sintetis ini bisa menyebabkan penyakit jantung.

27

Minuman ini sudah dipastikan tidak baik untuk dikonumsi oleh anak. Penyakit diabetes pun tidak bisa terhindarkan jika kamu terlalu banyak mengonsumsi minuman yang hanya akan dijual sampai minggu depan ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: