Sebagai salah satu negara berkembang di Asia, India telah tumbuh sebagai negara dengan perekonomian yang pesat. Hal ini berefek pada semakin banyaknya orang kaya di negara ini.

Dilansir dari Forbes, Sabtu (22/4/2017), pertumbuhan ekonomi India mampu membuat negara ini melahirkan miliarder baru dalam setiap 33 hari sekali.

Managing Director perusahaan analis Ahmadoff & Company, Fakhri Ahmadov menjelaskan, hal ini merupakan rekor tersendiri yang mampu dicapai oleh India dalam beberapa tahun terakhir. Ia menambahkan, hal ini sudah terjadi sejak tahun 2010.

“Ini merupakan rekor tersendiri. India mampu mencetak 1 miliarder setiap 33 hari sekali. Pemegang kekayaan terbesar di India juga bukan lagi didominasi oleh miliarder tua, melainkan banyak pengusaha baru yang mampu meningkatkan kekayaannya,” tutur Ahamdov.

Laporan yang didapat Forbes juga mengungkap, 65% kekayaan India dipegang oleh pengusaha yang merintis kariernya dari nol. Jumlah miliarder India juga meningkat menjadi 101 orang dari sebelumnya hanya 84 orang.

Sejak 2013, mata uang India tidak lagi mengayun liar terhadap isu-isu kenaikan suku bunga Amerika Serikat. Reformasi pajak yang dilakukan negara ini juga mampu menarik kalangan investor.

Lebih lanjut, Menteri Keuangan (Menkeu) India Arun Jaitley memperkirakan ekonomi India tahun ini akan tumbuh sebesar 7,2% dan pada tahun depan sebesar 7,7%.

“Meskipun ini adalah tantangan, India tetap melakukan langkah-langkah reformasi menemukan titik terang. Kami telah berhasil melaksanakan,” kata dia seperti dikutip dari International Business Times.

Advertisements