Teknologi memang akan terus menerus berinovasi. Di dalam dunia penerbangan, inovasi teknologi yang muncul kebanyakan diciptakan karena timbulnya suatu masalah yang kemudian dapat menjadikannya solusi. Kamu harus tahu beberapa inovasi unik di bawah ini di dunia penerbangan. Semoga kita akan merasa lebih aman dan nyaman ketika menggunakan moda transportasi udara ini.

1. Inovasi bahan bakar yang ramah lingkungan

4.jpg

Teknologi ini bertujuan ingin menyelesaikan masalah polusi udara yang diakibatkan pesawat komersil maupun non komersil, yaitu menggantinya dengan solar system. Penggunaan bahan bakar ini diprediksi dapat menghemat biaya dan dapat mengurangi polusi sebanyak 70%. Selain pesawat komersil, NASA juga telah merencanakan pesawat yang bernama Double Bubble yang dirancang untuk menggunakan bahan bakar solar system tersebut.

2. Armrest yang tidak bikin penumpang rebutan

5.jpg

Perangkat ini bernama Soarigami dan berbentuk seperti origami pesawat namun terbuat dari plastik abs yang dapat kamu beli seharga kurang lebih 300 ribu rupiah. Ini berguna untuk membatasi armrest kamu dengan orang lain dan mencegah rebutan tempat.

3. Audio Video on Demand (AVOD)

6.jpg

Perangkat ini memungkinkan penumpang untuk menikmati audio maupun video on demand yang tidak diberikan oleh maskapai-maskapai sebelumnya. Dengan ini perjalanan jauhmu tidak akan bosan walaupun kamu tidak memegang gadget kesayangan sekalipun.

4. Boarding pass yang lebih baik

7.jpg

Boarding pass yang semakin memanjakan kita ya kalau bentuknya begini. Dalam satu perangkat, kita dapat melakukan banyak hal. Seperti halnya kamu akan dimudahkan dengan boarding pass yang lebih bersahabat jika kamu adalah pengguna pemula. Selain itu, perangkat ini juga menawarkan booking tiket pesawat yang lebih mudah dan fleksibel.

5. DIY Security

8.jpg

Ini adalah sistem yang memungkinkan autopilot keamanan berjalan ketika pilot mengoperasikannya. Sekalinya sistem keamanan sudah dinyalakan, pembajak pesawat akan sangat sulit mematikannya. Setelah sistem keamanan menyala, akan ada laporan ke darat bahwa pesawat tersebut dalam bahaya. Sistem ini juga bisa membuat pesawat mengerem dan mendarat secara otomatis lho.

Dengan alat ini kita tidak perlu melakukan pengecekan berkali-kali saat akan atau setelah melakukan penerbangan tanpa mengurangi ancaman keselamatan sedikit pun. Diprediksi ada suatu perusahaan besar yang akan mengerjakan proyek ini beberapa tahun mendatang.

6. The Flying Donut

9.jpg

Di dalam pesawat saat ini, berjalan saja rupanya sangat sulit mengingat akan tempat yang sangat sempit. Nah, inovasi ini memberikan keleluasaan bagi pengguna maskapai penerbangan untuk lebih fleksibel dalam bergerak. Airbus sebagai perusahaan aviasi terbesar digadang-gadang akan memberikan inovasi pertama ini pada khalayak. Tetapi, belum diketahui kapan karena masih banyak penyempurnaan.

Itulah beberapa inovasi baru-baru ini yang telah diwacanakan demi keselamatan dan kenyamanan dalam dunia penerbangan. Kita sebagai konsumen berharap teknologi-teknologi tersebut secepatnya terwujud guna menyelesaikan masalah-masalah yang belum terpecahkan.

Advertisements