Thomas C. Corley yang merupakan seorang peneliti dan penulis buku yang mengungkapkan bahwa setiap orang kaya pasti memiliki kebiasaan dalam kehidupannya. Ia melakukan sebuah penelitian selama kurang lebih 5 tahun dengan melibatkan 177 pengusaha dunia mengenai kebiasaan yang dilakukan seseorang akan menentukan menjadi apa orang tersebut dalam kehidupan ini.

Menurut Business Insider, kebiasaan dalam hidup seseorang menentukan apakah ia akan menjadi kaya atau miskin, merasa bahagia atau sedih, memiliki kesehatan yang baik atau tidak, dan hubungan dengan sesama yang baik atau buruk.

Corley dalam bukunya yang berjudul ‘Change Your Habits, Change Your Life’ mengatakan, “Dari hasil penelitian saya, saya menemukan kebiasaan sehari-hari menentukan bagaimana sukses atau tidaknya Anda dalam hidup.” Seperti yang dikatakan Corley juga, kebiasaan masih dapat diubah. Jika belum memiliki kebiasaan-kebiasaan seperti di bawah ini, maka tidak perlu berkecil hati karena masih ada kesempatan untuk berubah. Simak 5 kebiasaan yang selalu dilakukan oleh 177 pengusaha kaya ini.

1. Membaca

Para orang sukses dan kaya raya lebih suka belajar daripada menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat atau bersenang-senang. Corley mengatakan bahwa 44 persen orang kaya dalam setiap harinya meluangkan waktu selama 30 menit untuk belajar. “Kebanyakan dari mereka tidak membaca untuk hiburan. Orang kaya membaca untuk memperoleh atau mempertahankan pengetahuan.” Riset Corley menemukan bahwa ada 3 jenis buku yang cenderung mereka baca, yaitu biografi orang-orang sukses, pengembangan pribadi dan sejarah.

2. Olahraga

Sebesar 76 persen dari orang kaya menggunakan 30 menit setiap harinya untuk latihan aerobik. Termasuk di antaranya adalah cardio seperti lari, joging, bersepeda atau berjalan. Cardio merupakan suatu bentuk kegiatan olahraga yang dilakukan untuk meningkatkan kerja jantung hingga 50-75% dari denyut maksimum. Corley mengatakan, “Cardio tidak hanya baik untuk tubuh, tapi baik juga untuk otak. Itu menumbuhkan neuron di otak,” Olahraga yang dilakukan berguna untuk meningkatkan produk glukosa dalam tubuh. Glukosa sendiri merupakan bahan bakar untuk otak. Jadi, semakin banyak bahan bakar yang diberikan pada otak, maka semakin pintarlah kamu.

3. Berkumpul dengan Orang-orang Sukses 

Kita terbentuk dari bersama siapa kita bergaul. Jika ketika kita bergaul dengan orang-orang sukses, maka kita juga akan menjadi sukses. Demikian juga sebaliknya. Orang kaya memiliki kebiasaan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki tujuan, optimistis, antusias, dan bermental positif secara keseluruhan. Menurut Corley, sangat penting untuk menghindari orang-orang negatif dan perilaku buruk yang mereka lakukan. Seperti yang dikatakannya, “Negatif, kritik destruktif akan menggelincirkan kamu dan mengerucutkan keberhasilan.”

4. Ambisius

Proses dalam menggapai cita-cita akan menghasilkan kebahagiaan jangka panjang. Seseorang juga akan memperoleh pundi-pundi kekayaan dalam perjuangan mengejar cita-cita. Corley mengatakan, “Kegemaran membuat bekerja menjadi menyenangkan.” “Kegemaran memberikan Anda energi, ketekunan dan fokus yang dibutuhkan untuk mengatasi kegagalan, kesalahan dan penolakan. Sebagian orang bersalah karena mengikuti mimpi orang lain, seperti orang tua mereka. Berbeda dengan mereka orang-orang kaya, yang memilih membuat dan mengejar mimpi mereka sendiri dengan penuh semangat dan pantang menyerah.

5. Bangun Pagi

Riset Corley membuktikan bahwa hampir 50 persen pengusaha sukses bangun lebih awal 3 jam sebelum jam kerja setidaknya. Bangun pagi merupakan sebuah strategi guna mengantisipasi hambatan sehari-hari yang sulit dihindari, misalnya agenda rapat yang terlampau padat, kemacetan lalu lintas atau memeriksa kelengkapan kerja. Seperti yang dikatakan Corley dalam bukunya, “Gangguan ini memiliki efek psikologis kepada kita. Mereka bisa membentuk keyakinan bahwa kita tidak memiliki kontrol atas hidup kita.”

Jadi, bagi yang sekarang masih sulit bahkan enggan bangun pagi. Coba flash back tentang masalah apa saja yang terjadi pada Anda ketika bangun terlambat. Agar menguranginya, terapkan kutipan di bawah ini. “Bangun pukul 5 pagi untuk mengatasi 3 hal yang ingin dicapai dalam hidup kamu. Memungkinkan kamu untuk mendapatkan kembali kendali atas hidup kamu. Ini memberi rasa percaya diri bahwa kamu memang mengarahkan hidup kamu.”

Tekad Kuat Untuk Memulai Perubahan Kebiasaan 

Mulai sekarang, jika kamu memang bertekad ingin sukses dan kaya raya, maka mulailah membiasakan diri pada hal-hal yang baik dan tinggalkan kebiasaan lama yang cenderung buruk. Suatu usaha yang disertai tekad yang kuat akan membawa kamu meraih kesuksesan dan tujuan hidup.

Advertisements