Pembangunan infrastruktur memang sebuah keniscayaan jika sebuah negara ingin maju. Namun, kendala paling sering dihadapi pemerintah adalah terkait proses pembebasan lahan. Banyak orang yang tidak rela tanahnya dibeli atau direlokasi, meski tujuannya untuk pembangunan nasional.

Hal tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia. Sulitnya pembebasan lahan juga terjadi di negara padat penduduk seperti China. Nah, berikut ini 5 rumah yang menolak digusur dan berdiri kokoh di tengah jalan raya.

1. Rumah di Wenling, Zhejiang

10.jpg

2. Rumah di depan mal

11.jpg

Ada juga rumah reot yang terletak di depan mal di Changsha, Hunan, China. Sudah sejak 2007, rumah ini tidak mau digusur meski ditawari uang banyak. Kini, rumah itu pun berdiri di depan mal mewah dengan tegar.

3. Rumah di lingkungan apartemen

9.jpg

Kejadian unik ini terjadi di Nanning, Guangxi Zhuang, China. Pemilik rumah ini menolak tanahnya dibeli oleh kontraktor perluasan apartemen. Pemilik rumah ini pun tegar mempertahankan lahan dan bangunannya dalam kepungan apartemen di sekitarnya.

4. Rumah petak yang menolak dirubuhkan

12.jpg

Seorang wanita berdiri di balkon rumahnya yang dikelilingi oleh apartemen dan rusunawa. Rumah ini terletak di Shanghai dan kasus ini sudah bergulir sejak Desember 2010.

5. Dikelilingi lahan kosong

13.jpg

Pemilik rumah di Kunming, China ini menolak untuk digusur oleh pengembang. Rumah ini pun tidak bisa dirobohkan karena pemiliknya tidak mengizinkannya. Alhasil, rumah ini berdiri tegar di hamparan lahan yang sudah kosong karena dibeli pihak pengembang bangunan.

Advertisements