Pelangi biasanya akan terbentuk pada saat tetesan air hujan bertemu dengan sinar matahari di atmosfer bumi. Hal ini tentu merupakan peristiwa yang terjadi secara alami.

Namun tidak cuma bisa terjadi secara alami, pelangi nyatanya juga bisa tercipta secara tidak sengaja lewat kecanggihan efek aerodinamis dari sebuah pesawat. Dalam dunia penerbangan, peristiwa langka ini biasa disebut dengan Rainbow Contrails.

Seperti apa penjelasannya? Mari kita simak ulasan sekaligus foto-foto mengagumkan dari effect Rainbow Contrails dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Secara ilmiah, Rainbow Contrails bisa terjadi karena penurunan tekanan ketika udara bergerak di atas sayap pesawat. Ketika tekanan gas jatuh, maka suhu juga akan jatuh.

3.jpg

2. Pengurangan suhu ini selanjutnya akan menghasilkan tetesan air yang dapat membeku.

4.jpg

3. Tetesan air yang membeku inilah yang kemudian berbenturan dengan cahaya matahari sehingga menghasilkan efek warna pelangi.

5.jpg

4. Tidak mudah untuk melihat efek seperti ini, karena ketinggian pesawat dan sudut penglihatan harus tepat sehingga efek Rainbow Contrails dianggap langka.

6.jpg

5. Apalagi efek ini hanya bertahan beberapa menit.

7

6. Banyak juga fotografer kelas dunia yang tertarik dan berburu efek Rainbow Contrails.

8.jpg

7. Efek Rainbow Contrails akan lebih sering terjadi di pesawat berukuran besar seperti Airbus A380.

9

8. Bisa dibilang efek ini sebagai pelangi buatan yang langka.

10

9. Salah satu potret ketika pesawat menghasilkan Rainbow Contrails.

11.jpg

10. Keren banget

12.jpg

Advertisements