Gunung memang terlihat sangat indah dan tidak menakutkan, sehingga banyak orang yang mencoba untuk mendakinya dan menikmati keindahan dari atas puncaknya. Di balik keindahan dan ketenangan gunung, tersimpan sebuah bencana hebat yang bisa terjadi dan memusnahkan kehidupan. Bencana tersebut adalah letusan gunung berapi.

Berikut ini adalah 5 kejadian meletusnya gunung berapi yang paling dahsyat dan mematikan sepanjang sejarah yang menimbulkan kerusakan yang sangat parah dan kematian sebanyak ribuan bahkan sampai jutaan makhluk hidup disekitarnya.

1. Gunung Tambora

17.jpg

Gunung Tambora terletak di Sumbawa, Indonesia. Gunung ini pernah meletus pada tanggal 10 April 1815. Ledakannya sangatlah dahsyat dengan skala 7 yang setara dengan ledakan ratusan ribu bom atom.

Akibat bencana ini, diperkirakan sedikitnya 71.000 masyarakat sekitar meninggal. Dampak dari letusan gunung ini pun dirasakan di seluruh dunia. Material debu vulkanik dari letusan Gunung Tambora menyebabkan penurunan suhu rata-rata dunia sebesar 0,53 derajat.

2. Gunung Vesuvius

18.jpg

Gunung Vesivius terletak di Teluk Maples, Italia. Gunung ini sudah meletus sebanyak 30 kali, namun menurut sejarah letusan yang paling hebat terjadi di tahun 78 masehi. Letusan tersebut telah mengubur kota Pompeii dan stabiae.

Abu vulkanik dari letusan ini telah mengubur kedua kota tersebut selama 1.600 tahun sebelum akhirnya diketemukan lagi. Diperkirakan, korban jiwa berjumlah 1000 orang pada masa itu.

Kejadian ini sangat terkenal di dunia. Akibatnya, banyak film layar lebar yang mengangkat kisah ini. Salah satunya adalah film berjudul “Pompeii” tahun 2014.

3. Gunung Krakatau

19.jpg

Lagi-lagi dari Indonesia, yaitu Gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda. Pada 26-27 Agustus tahun 1883, Gunung Krakatau meletus sangat dahsyat yang berdampak sampai seluruh dunia dan menewaskan 36.000 manusia.

Ledakan gunung sangatlah dahsyat hingga suaranya terdengar sejauh ribuan kilometer, material bebatuan terlempar hingga ke pulau-pulau kecil di Laut Afrika Timur. Letusannya juga mengakibatkan Tsunami setinggi 46 meter.

Dampak dari erupsi Krakatau menyebabkan perubahan iklim dan penurunan suhu di belahan bumi utara sebesar 1,2 derajat yang bertahan selama 1 tahun. Paska ledakan, Krakatau tenggelam ke dalam laut dan pada tahun 1927 menampakan diri lagi yang dikenal dengan Anak Gunung Krakatau.

4. Gunung Thera

20.jpg

Letusan gunung ini terjadi sekitar 3.500 tahun yang mengguncang Mediterania dan memusnahkan peradaban Minoan. Kekuatan ledakan Gunung Thera 4 kali lebih besar dari ledakan Gunung Krakatau.

Konon ledakan Gunung Thera menyebabkan menghilangnya sebuah benua yang disebut oleh bangsa Yunani Kuno sebagai “The Lost Atlantis”. Sekarang ini, sisa dari Gunung Thera dikenal sebagai Pulau Santorini Yunani.

5. Gunung Toba

21

Mungkin kalian lebih familiar dengan nama Danau Toba. Sebelumnya, danau ini adalah sebuah gunung berapi yang megah. Sekitar 73.000 tahun yang lalu, Gunung Toba meletus dan hampir memusnahkan hampir seluruh makhluk hidup di bumi.

Ledakan Gunung Toba disebut sebagai Supervolcano yang merupakan ledakan terhebat sepanjang sejarah gunung berapi. Ledakan tersebut mengeluarkan 2.800 kilometer kubik abu vulkanik yang menyebar dan menyelimuti atmosfir bumi selama 6 tahun.

Tidak kebayang sih bumi diselimuti abu vulkanik selama 6 tahun. Manusia tidak melihat matahari selama 6 tahun.

Advertisements