Siapa yang tidak kenal kopi instant? Produk ini sudah mempunyai banyak jenis dan rasa di pasaran. Kopi instant dipilih karena cara membuatnya yang praktis. Tapi apakah kalian tahu kapan kopi instant mulai dibuat?

Kopi instan pertama kali dibuat di Inggris pada 1771. Produk tersebut disebut “senyawa kopi” dan memiliki paten yang diberikan oleh pemerintah Inggris. Sedangkan, kopi instant Amerika pertama kali diciptakan pada tahun 1851. Tapi, paten kopi instant baru diberikan tahun 1890 atas temuan David Strang dari Invercargill asal Selandia Baru. Untuk memproduksi kopi instant yang dipatenkan tersebut, butuh proses “Dry Hot-Air”.

Pengembangan metode membuat kopi instant terus berlanjut, terutama untuk membuat bubuk kopi menjadi lebih stabil. Kimiawan Jepang-Amerika Satori Kato dari Chicago berhasil menciptakan bubuk kopi yang stabil pada tahun 1901. Metode Satori Kato dipatenkan pada tahun 1903. George Constant Louis Washington, penemu Amerika dari keturunan Beglian mengembangkan proses kopi instant sendiri setelah Kato dan membuat merek komersial pertama di 1910.

Selama Perang Dunia pertama, kopi instant menjadi sangat populer karena militer Amerika Serikat membeli semua persediaan dan memasukannya dalam ransum prajurit. Pada tahun 1930, Brazil surplus kopi besar yang rusak setelah kurun waktu yang panjang. Brazilian Coffee Institute akhirnya meminta Nestles untuk menciptakan produk kopi beraroma yang dapat mengatasi masalah penyimpanan dan meningkatkan penjualan kopi secara keseluruhan.

Sayangnya, rasa kopi instan yang dibuat saat itu oleh Nestle rasanya kurang enak dan tidak larut sempurna. Akhirnya, setelah melakukan penelitian, pada tahun 1937, ilmuwan Nestle Max Morgenthaler menciptakan metode pembuatan kopi instant yang baru. Produk baru itu diberi nama Nescafe.

Pada tahun 1938, Nescafe mulai dijual. Nescafe menjadi sangat populer karena citarasa yang lebih baik. Di masa Perang Dunia II, kopi instant kembali populer di kalangan tentara. Pada tahun 1954, Nescafe mengembangkan metode untuk menghasilkan kopi instant hanya menggunakan kopi, tanpa menambahkan karbohidrat sebagai penstabil.

Metode pembuatan kopi instant terus dikembangkan untuk menghasilkan rasa yang lebih enak. Tahun 1960, teknik baru yang bernama teknik aglomerasi yang terlihat lebih baik diciptakan di tahun 1960-an.

Sayangnya teknik ini malah memperburuk rasa kopi. Hingga akhirnya, metode baru yang disebut freeze-drying menjadi metode yang sering dipakai dalam produksi kopi instan. Pada tahun 1986, Nestle memperkenalkan kopi instant tanpa kafein.

Advertisements