Mesir memiliki sejumlah Piramida yang sangat terkenal seantero dunia. Piramida Mesir adalah tempat dimana para raja Mesir alias Firaun bersemayam. Begitu banyak mitos melegenda seputar bagunan menakjubkan ini.

Beberapa orang mengatakan bahwa Piramida Mesir bukan dibangun oleh manusia, melainkan oleh alien. Bangunan ini sudah ada sejak beribu-ribu tahun yang silam dan tetap menyimpan misteri hingga sekarang.

Tapi ada beberapa fakta menarik seputar bangunan misterius ini. Mari kita simak:

1. Jumlah batu yang menyusun Piramida

21.jpg

Piramida membutuhkan sekitar 2.300.000 balok batu. Berat 1 balok batu itu sekitar 2-30 ton, bahkan ada yang beratnya mencapai 50 ton.

2. Piramida bukan dibangun oleh para budak

22.jpg

Selama ini kita mengetahui kalau Piramida itu dibangun oleh para budak atas suruhan Firaun. Mereka dipaksa dan disiksa untuk membuat sebuah Piramida yang megah. Tapi, berdasarkan penemuan tengkorak disekitar Piramida, ada fakta lain yang terungkap.

Para pekerja yang membuat Piramida bukanlah budak, melainkan para buruh dan kontraktor yang memang punya keahlian dalam konstruksi bangunan. Bukti ini diperkuat dengan adanya goresan berupa gambar yang menceritakan pembuatan Piramida zaman itu. Bangunannya terbukti awet sampe sekarang ini.

3. Bagaimana membangun satu buah Piramida?

23.jpg

Para ilmuwan memperkirakan dibutuhkan sedikitnya 100.000 pekerja untuk membangun sebuah Piramida dan waktu yang dibutuhkan sekitar 20 tahun lamanya. Namun, itu masih menjadi misteri bagaimana cara mereka mendirikan sebuah Piramida.

Beberapa pakar Piramida Mesir mengungkapkan bahwa bangsa Mesir menggunakan gerobak untuk mengangkut bebatuan tersebut. Jalur yang dilalui gerobak tersebut sudah dibasahi dengan air sehingga memberikan daya tarik sebesar 50 persen.

Tapi tetap saja mustahil untuk mengangkut balok batu yang beratnya puluhan ton.

4. Piramida dapat memancarkan sinar

24.jpg

Para arkeolog menguak misteri tentang Piramida yang dapat bersinar. Awalnya, Piramida dilapisi dengan batuan kapur yang mampu memantulkan cahaya, sehingga akan tampak bersinar ketika terkena sinar Matahari.

Mereka juga mengungkapkan kilauan sinar yang dipantulkan oleh Piramida sangat berkilau, bahkan kilauannya bisa terlihat dari ruang angkasa.

5. Piramida menyimpan harta karun yang melimpah

25.jpg

Ketika raja Mesir meninggal dan disemayamkan di dalam Piramida Mesir, semua kemegahan dan harta berlimpah pun ikut dikubur bersamanya. Harta tersebut berupa berlian, emas sampai makanan. Hal ini dimaksudkan sebagai bekal bagi raja di kehidupan selanjutnya.

Namun sayang, akibat harta yang terdapat di dalam Piramida membuat banyak pemburu harta karun yang berusaha mencarinya. Mereka menghancurkan Piramida untuk dapat masuk dan menemukan harta tersebut.

Tapi, sekarang benda-benda berharga tersebut sudah diamankan di dalam museum sehingga bisa disaksikan olah masyarakat dunia.

Meskipun sudah banyak arkeolog, ilmuwan maupun pakar Piramida yang meneliti dan mengungkapkan fakta tentang Piramida, tetap saja bangunan kuno tersebut menyimpan sejuta misteri yang belum terpecahkan sampai dengan sekarang ini.

Advertisements