Beruntunglah bagi kamu yang menyukai makan pedas, sebab diet kamu berpeluang lebih besar untuk berhasil. Ternyata, makanan pedas dapat membantu program kamu dalam menurunkan berat badan. Apa sebabnya? Dan apakah aman untuk makan makanan pedas terus-menerus?

Makan pedas membuat kita lebih cepat kenyang

Ketika kamu merasakan rasa pedas pada makanan kamu, saat itu juga sebenarnya lidah kamu sedang merasa kesakitan dan kepanasan. Rasa pedas pada dasarnya berasal dari rangsangan sakit dan panas yang diakibatkan oleh zat capsaicin yang ada di dalam cabai.

Saat makan makanan pedas, zat capsaicin mengenai saraf-saraf lidah kamu dan kemudian saraf tersebut mengirimkan sinyal ke otak sinyal tersebut adalah sinyal rasa sakit yang selanjutnya dianggap dengan rasa pedas.

Makan pedas ternyata dapat membuat diet kamu lebih cepat berhasil. Mengapa? Sebab dalam berbagai penelitian disebutkan bahwa orang yang makan pedas cenderung lebih cepat kenyang. Salah satunya yaitu penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Nutrition dan melibatkan sebanyak 27 peserta. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa kelompok orang yang makan makanan pedas lebih cepat kenyang.

Sedangkan penelitian lainnya, yang baru-baru ini dilakukan juga menyatakan hal yang sama yaitu, orang yang makan makanan pedas lebih merasa cepat puas dan kenyang ketimbang dengan orang yang tidak mengonsumsi makanan pedas. Bahkan pada penelitian tersebut disebutkan juga, kelompok orang yang gemar dengan rasa pedas, cenderung lebih sedikit dalam mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula.

Cara lain makan pedas dapat membantu kesuksesan diet Anda

Walaupun masih belum dipastikan apa yang menyebabkan kamu lebih kenyang jika makan makanan pedas, namun ada beberapa hal yang dipercaya sebagai alasan mengapa makanan pedas baik untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, yaitu:

  • Makanan pedas membakar kalori lebih banyak. Ketika kamu makan makanan pedas, capsaicin yang ada di dalamnya ternyata membantu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak dan mengganggu sinyal yang diberikan sel saraf perut ke otak. Dengan begitu, kamu menjadi lebih cepat kenyang, puas dengan makanan yang telah dimakan, serta nafsu makan menurun.
  • Jumlah hormon berubah. Yang membuat kamu cepat kenyang dan nafsu makan menurun saat makan pedas adalah capsaicin yang mampu memengaruhi jumlah hormon yang mengatur rasa kenyang serta nafsu makan di dalam tubuh. Kondisi ini membuat kamu merasa lebih cepat kenyang.
  • Metabolisme meningkat. Meskipun tidak terlalu berhubungan, metabolisme yang meningkat secara tidak langsung dapat memengaruhi nafsu makan kamu. Sementara, makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme lebih cepat dan hal ini juga dapat menyebabkan diet kamu lebih cepat berhasil.

Makan pedas memang efektif untuk diet, tapi awas jangan terlalu banyak

Tapi, bukan berarti kamu bisa makan pedas terus menerus. Tentunya segala hal yang berlebihan akan tidak baik. Makan makanan yang memiliki rasa pedas yang terlalu sering berisiko membuat usus kamu luka, diare, dan berbagai gangguan pencernaan lain.

Tidak hanya itu, makan makanan pedas yang terlalu banyak juga dapat menurunkan jumlah bakteri di usus. Usus penuh dengan bakteri baik yang berfungsi untuk membantu pencernaan makanan. Jika kamu terlalu banyak makan makanan pedas, maka kamu akan menurunkan kemampuan pencernaan tubuh kamu.

Advertisements