Sebagai pemilik mobil, kamu perlu tahu cara untuk menghemat penggunaan bensin mobil. Apalagi, harga bensin semakin lama semakin mahal. Dengan alasan itu, tentunya kamu harus mencari cara supaya bisa menghemat penggunaan bahan bakar minyak  mobil kamu.

Banyak pengguna mobil yang mengeluh bensin mereka cepat habis. Namun, mereka sendiri tidak memperhatikan cara menggunakan mobil tersebut dengan baik dan benar sehingga memicu penggunaan bensin yang boros. Berikut ini adalah tips yang bisa kamu ikuti supaya bahan bakar mobil tidak cepat habis.

1. Jangan mengemudikan mobil terlalu agresif

22.jpg

Agresif dalam mengemudi akan membuat bensin kamu cepat boros 33 % lebih banyak dari sebelumnya. Biasanya pengemudi sering memacu kecepatannya dengan maksimal di jalan raya.  Hal ini sebenarnya kurang begitu menguntungkan bagi dompetmu.

2. Jangan memanaskan mobil terlalu lama

23.jpg

Memanaskan mobil boleh-boleh saja tapi jangan berlebihan juga. Pemalasan yang berlebihan malah akan menyerap bensin dalam jumlah besar. Cukup lakukan pemanasan mobil selama 1-2 menit saja.

3. Jangan menggunakan mobil untuk tujuan jarak dekat 

24.jpg

Percaya atau tidak beberapa perjalanan singkat yang kamu lakukan akan berpotensi meningkatkan penggunaan bahan bakar sampai dua kali lebih. Jadi, gunakan saja sepeda manual atau sepeda motor untuk perjalanan jarak dekat.

4. Jangan membawa banyak barang dalam mobil

25

Ingat, mobilmu bukanlah truk. Jadi, hindari membawa barang-barang berat yang tidak dibutuhkan. Semakin berat beban mobil maka tarikannya juga akan semakin besar dan ini akan memicu bensin cepat habis.

5. Pacu kecepatan secara bertahap

26

Apabila kamu hendak menambah kecepatan, maka, tekanlah pedal gas secara perlahan. Penekanan yang dilakukan dengan cepat akan berpotensi memakan bensin lebih besar.

6. Imbangi antara gigi dan kecepatan mobil yang tepat

27

Untuk kecepatan rendah jangan memakai gigi 4. Untuk kecepatan tinggi, jangan memakai gigi 1. Kemudian mobil dengan sewajarnya dengan gigi yang tepat.

7. Berhenti dalam kondisi mesin menyala bukan ide yang bagus

28

Terkadang kita mengalami hal ini saat macet. Namun, jika kamu berhenti selama lebih dari satu menit bukan karena macet maka matikanlah mesin mobil. Hal ini akan menghemat bahan bakar kendaraan kamu.

8. Jangan buka jendela mobil

29

Lebih baik kamu menggunakan AC daripada membuka jendela mobil. Pasalnya, jika jendela dibuka terlalu lama juga akan menimbulkan hambatan angin yang lebih besar dan justru memperlambat laju mobil. Pedal gas pun akan bekerja lebih keras dan tentunya menguras bensin lebih banyak.

9. Tune-up sesuai jadwal

30

Jangan menunggu sampai rusak parah baru kamu melakukan tune up. Lakukanlah tune up secara berkala supaya fungsi pemakaian bahan bakar, busi dan koil tetap prima.

Advertisements