Para vendor smartphone berlomba-lomba menyuguhkan produk terbaik, dengan spesifikasi yang mampu membuat konsumen jatuh hati. Berbagai spesifikasi menarik pun dihadirkan, mulai dari layar hingga sensor kamera terkini pun ditampilkan.

Dari serangkaian spesifikasi, banyak vendor kerap menonjolkan kemampuan kamera. Tidak segan-segan, mereka menyuguhkan sensor kamera hingga 20MP untuk produk besutannya.

Setidaknya setahun terakhir ini, ada 3 smartphone dengan kamera 20MP yang cukup menyita perhatian. Ketiganya adalah Asus Zenfone 3 Deluxe, Sony Xperia XZ dan Vivo V5.

Berikut ulasan singkat tentang ketiga smartphone tersebut:

1. Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL

2.jpg

Zenfone 3 Deluxe diumumkan pertama kali pada Mei 2016 dan dirilis pada Agustus di tahun yang sama. Tampil dengan layar berukuran 5,7 inci, smartphone ini sudah dilengkapi dengan kamera belakang 23MP dengan bukaan f/2.0, autofocus, OIS dan 2 flash LED. Sedangkan, pada bagian depan body terdapat kamera bersensor 8MP.

Zenfone 3 Deluxe menjadi smartphone yang diunggulkan dalam keluarga besar Zenfone 3. Karena itu, Asus membekalinya dengan serangkaian spesifikasi unggulan mulai dari RAM 4/6GB, memori internal 64/128/256GB, chipset Snapdragon 820/821 dan GPU Adreno 530.

Smartphone dengan baterai Li-Ion 3.000 mAh ini hadir dengan berbagai pilihan warna yaitu Glacier Silver, Titanium Gray dan Shimmer Gold.

2. Sony Xperia XZ

3.jpg

Di penghujung tahun lalu, Sony hadir dengan Xperia XZ. Smartphone ini diumumkan pada September, kemudian penjualannya dimulai pada Oktober 2016.

Ponsel yang memiliki bentang layar 5,2 inci ini didukung dengan chipset Snapdragon 820 dan RAM 3GB. Memori internal ponsel ini sebesar 32GB, dan bisa ditambah menggunakan kartu microSD sampai 200GB.

Urusan pengambilan gambar, ponsel ini memiliki kamera utama 23MP dan kamera depan 13MP. Sony Xperia XZ juga sudah dibekali dengan port USB Type-C, baterai berkapasitas 2.900mAh, serta sistem operasi (OS) Android Marshmallow yang bisa diperbarui ke Nougat.

3. Vivo V5 Plus

4

Vivo V5 Plus diumumkan pada Januari 2017 dan dirilis pada bulan yang sama. Smartphone ini memiliki layar berukuran 5,5 inci, OS Android Marshmallow, prosesor octa-core 2.0GHz, GPU Adreno 506, RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Keunggulan utama smartphone ini terletak pada kamera depan. Vivo menyuguhkan kamera depan ganda 20MP ditambah 8MP dan kamera belakang 16MP. Kamera depannya didukung dengan sensor IMX376 dari Sony, sedangkan kamera depan sekunder 8MP berfungsi untuk memberikan efek depth-of-field.

Vivo juga menyematkan 2 fitur lain untuk mendukung pengalaman mengambil gambar yang lebih baik, yaitu Bokeh Mode dan Shot Refocus.

Advertisements