Kalau diperhatikan, kian tahun semakin banyak merek ponsel pintar yang muncul di pasaran. Ada yang populer, tapi tidak sedikit yang menelan pil pahit harus gulung tikar cepat karena tidak laku.

Namun nampaknya, 5 merek ponsel dalam daftar berikut ini adalah beberapa dari merek yang masih bisa bertahan hingga sekarang dan semakin populer. Makin banyak pengguna setianya, tidak peduli banyak merek ponsel baru yang bermunculan, mereka tetap punya tempat di hati konsumennya di seluruh dunia. Siapa saja sih merek ponsel yang dimaksud?

1. Samsung

17.jpg

 

Merek ponsel pertama yang bisa dikatakan masih eksis sampai sekarang ini adalah Samsung. Merek satu ini bisa dibilang kian sukses sekarang dengan produk-produk smartphone-nya, mulai dari Samsung seri Galaxy seperti Galaxy S8 dan S8+ hingga Galaxy Note 5.

Kalau dirunut ke belakang, awal-awal masa ponsel populer di Indonesia, nama Samsung memang kalah jika dibandingkan dengan Nokia. Namun, kala itu Samsung dengan ulet dan kesabaran menjual serta menancapkan nama mereknya di Indonesia melalui produk feature phone atau ponsel dengan desain clamshell alias lipat. Meski banyak diragukan, lambat laun nama merek ponsel Samsung makin naik dan populer, terutama saat pasar Indonesia beralih dari feature phone ke smartphone.

Kini bisa dibilang, nama merek Samsung sudah termasuk dalam jajaran merek yang terpercaya kualitasnya. Meski tidak bisa dipungkiri, kepopulerannya kini berimbas pada harga banderol smartphone buatannya yang cukup mahal.

2. LG

18.jpg

Merek ponsel kedua yang bisa dibilang masih eksis hingga sekarang ini adalah LG. Lebih terkenal lebih dahulu dengan produk elektronik rumah tangganya, divisi ponsel LG bisa dibilang kian populer kini.

Jalan terjal sempat dilalui perusahaan asal Korea Selatan ini. Mulai tidak dipercaya karena ponsel buatannya dianggap tidak berkualitas hingga kalah saingan dengan nama merek ponsel ternama kala zaman feature phone dahulu seperti Nokia dan Siemens.

Beberapa tahun berlalu, kini merek ponsel LG bisa dibilang masih eksis dan langsung naik ke jajaran merek ponsel ternama alias kelas atas bersama dengan Samsung dan iPhone. Produk smartphone seperti LG G5 dan LG G6 selalu jadi rebutan karena menawarkan kualitas nomor wahid dan inovasi teknologi yang selalu membuat kagum, seperti bodi ponsel modular alias bongkar pasang pada seri smartphone LG G5.

3. Apple

19.jpg

Di peringkat ketiga adalah Apple. Merek ponsel yang satu ini bisa dibilang yang paling eksis hingga sekarang ini. Tidak peduli sudah berganti kepemimpinan dan banyak saingan yang teknologinya tidak kalah canggih, Apple dengan produk ponselnya iPhone selalu ditunggu kehadirannya hingga kini.

Bisa dibilang, pengguna setia yang kian tahun kian banyak dari berbagai negara adalah salah satu penyebab mengapa merek ponsel Apple, iPhone, masih bertahan dan eksis hingga kini. Kalau kamu perhatikan, setiap peluncuran iPhone baru, banyak orang yang rela mengantri berhari-hari untuk bisa merasakan iPhone pertama kalinya. Tidak peduli cuaca kala mengantri tengah tidak bersahabat atau harus sampai mendirikan tenda agar tidak kehilangan nomor antrian.

Selain itu, faktor inovasi dan standar kualitas yang dipertahankan oleh perusahaan asal Cupertino ini juga yang membuat dia masih saja digandrungi sampai sekarang oleh para Apple Fan Boy veteran atau pemula. Tidak peduli berapa pun harga iPhone, para penggemar yang menamakan dirinya Apple Fan Boy selalu menjadi yang terdepan untuk membeli iPhone.

4. Sony

20.jpg

Selanjutnya, adalah Sony. Merek ponsel yang satu ini bisa dibilang eksis hingga kini, tidak peduli banyak produk smartphone serupa mulai bermunculan. Dulu pas zaman feature phone masih eksis, Sony yang kala itu bekerja sama dengan Ericsson berhasil memproduksi ponsel dengan desain unik-unik dan kerap mengandalkan fitur musik.

Kini setelah ‘bercerai’ dari Ericsson, Sony pun masih saja eksis dengan produk smartphone seri Xperia-nya. Tidak lagi mengandalkan desain dan fitur musik, smartphone buatan Sony lebih terkenal karena fitur kameranya yang super bagus dan hasilnya tidak kalah dari DSLR. Sony juga kian eksis sebagai merek dagang lensa kamera untuk smartphone dan tercatat beberapa merek ponsel dunia banyak yang menggunakan produk lensa kamera Sony.

5. Motorola

Terkahir adalah Motorola. Merek yang sempat mati suri ini bisa dibilang adalah merek yang paling struggling di industri ponsel dunia. Sempat populer kala pada masa feature phone dengan ponsel berdesain clamshell alias lipat tipis, Motorola pun kian redup popularitasnya setelah masa feature phone berganti menjadi smartphone.

Namun, pasca digandeng oleh Lenovo, kini merek ponsel Motorola pun lagi naik daun. Kian eksis, makin banyak produk smartphone unik dan inovatif yang diluncurkan merek yang rebranding menjadi Lenovo-Motorola ini. Salah satu produk smartphone paling inovatif yang pernah diproduksi oleh pabrikan ini adalah Moto Z dengan aksesori modular bernama Mods yang bisa dibongkar pasang dan beragam jenisnya (salah satunya adalah Mods berbentuk kamera pocket).

Advertisements