Siapa sih yang tidak tahu susu? Hampir dipastikan, kita semua pernah minum cairan yang berwarna putih pekat itu. Minuman kaya akan kalsium ini memang baik untuk perkembangan tubuh. Tidak heran kalau kita sudah dianjurkan minum susu sedari bayi. Bahkan, selain bayi dan anak-anak, orang dewasa juga dianjurkan minum susu demi kesehatan tulang.

Susu pun tidak hanya berasa tawar atau vanila. Banyak varian rasa susu yang bisa kita dapatkan seperti cokelat, stroberi, anggur, jeruk, pisang dan banyak lainnya.

1. Penasaran kenapa susu berwarna putih? Kenapa tidak biru atau justru bening?

12.jpg

Susu berperisa tawar memang berwarna putih tulang. Apabila memiliki varian rasa tertentu, maka susu akan berwarna seperti rasa tersebut. Contohnya saja, susu rasa cokelat berwarna cokelat, susu stroberi berwarna merah jambu, dan susu berperisa pisang akan berwarna kekuningan.

2. Lemak dan protein yang terkandung dalam susu berkontribusi dalam pembentukan warnanya

13.jpg

Tahukah kamu jika susu terbentuk dari 87% air dan 13% zat padat seperti lemak, kalsium dan beberapa jenis protein yang tidak bisa menyerap warna. Salah satu protein yang paling banyak terkandung di dalam susu adalah kasein. Kasein ini yang membentuk 80% protein di dalam susu.

3. Spektrum cahaya membuat susu berwarna putih bagi mata kita

14.jpg

Susu berwarna putih karena mencerminkan semua panjang gelombang cahaya yang tampak. Campuran semua warna inilah yang kemudian menghasilkan warna putih. Jadi, susu bukan berwarna putih karena mengandung molekul yang berwarna putih tapi karena partikelnya mencerai-beraikan warna lain dengan sangat baik.

Advertisements