Proses perbaikan atau renovasi bangunan terkenal di ibu kota Inggris, Menara Elizabeth atau yang lebih dikenal sebagai Big Ben dimulai pada Sabtu, menyebabkan menara jam tersebut akan tutup hingga 3 tahun mendatang.

Menurut laporan portal News X, Minggu 9 April 2017, renovasi itu diperkirakan akan memakan waktu selama 3 tahun, perbaikan paling besar terhadap menara tersebut selama puluhan tahun terakhir.

Biaya perbaikan itu akan menelan biaya sebesar 29 juta poundsterling atau sekitar Rp 478,8 miliar, untuk mencegah erosi karat pada peralatan besi serta menghentikan resapan air yang dapat merusak bangunan berusia 160 tahun itu.

Jam besar pada menara yang tidak pernah diperbaiki sejak 1859, akan berhenti bekerja selama beberapa bulan untuk memungkinkan pekerjaan pemeliharaan dilaksanakan.

Menara itu bernama Menara Elizabeth sebagai penghormatan kepada Ratu Elizabeth II dan merupakan bangunan paling ikonik di Inggris.

Bangunan itu juga lebih dikenal sebagai Big Ben bagi kalangan wisatawan lokal dan asing, diambil dari nama lonceng paling besar yang ada di menara tersebut.

Advertisements