China memang terkenal dengan kemampuannya menciptakan barang KW alias palsu. Mulai dari sandang, gadget bahkan pangan sekalipun, mereka mampu membuat tiruannya. Memang tidak salah kalau negara China merupakan negara dengan kemajuan industri yang luar biasa, tapi tidak semuanya dibuat grade ori-nya juga.

Beberapa waktu yang lalu, kita dihebohkan karena adanya beras palsu made in China, Namun, ternyata tidak cuma beras yang mereka palsukan. Mari kita simak, apa sahakah yang berhasil mereka palsukan selain beras.

1. Daging kambing palsu

22.jpg

Memang cerdas pemuda dari China ini, dia memalsukan daging tikus menjadi daging kambing dengan campuran bahan kimia. Bahkan, polisi juga kesulitan membedakan mana yang asli dengan yang palsu jika hanya dilihat. Cara membedakannya adalah dengan memasaknya maka akan kelihatan mana yang merupakan daging kambing asli.

2. Tahu Palsu

23.jpg

Pembuatan tahu palsu ini menggunakan campuran bahan kimia bahkan dengan memakan larutan pemutih. Cara membedakannya adalah tahu palsu memiliki warna yang lebih terang juga lebih kenyal, diperkirakan tahu palsu ini sudah beredar sebanyak 100 ton.

3. Bihun pals

24.jpg

Sebanyak 50 pabrik di Dongguan, China membuat bihun palsu dari bahan biji–bijian yang sudah berjamur dan basi, juga dicampur dengan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Mereka memproduksi bihun palsu hingga 500 kg bihun per hari.

4. Air minum kemasan palsu

25.jpg

Sebenarnya ini juga ada di Indonesia. Modusnya sama yaitu mengisi air dengan air keran lalu dikemas sama persis seperti air kemasan asli. Pada air kemasan palsu, ditemukan kandungan bakteri E.Coli dan jamur yang berbahaya.

5. Telur Palsu

26.jpg

Telur palsu ini dibuat dengan campuran tepung kanji, larutan pengental, dan resin sedangkan bagian kulit telur dibuat dari tepung gypsum, kalsium karbonat dan parafin. Walaupun secara fisik diluar sama namun aroma dan rasa dari telur palsu ini berbeda dengan yang aslinya.

 

Advertisements