Meraih kesuksesan memang membutuhkan sebuah pengorbanan. Tidak jarang, demi mencapai kesuksesan, seseorang harus melewati beberapa rintangan dan kegagalan terlebih dahulu. Bahkan, pengusaha sukses dunia juga tidak luput dari kesulitan seperti ini.

Buat kamu yang sedang dalam proses membangun usahamu sendiri namun belum berhasil, kamu bisa menyimak beberapa cerita kegagalan para tokoh sukses ini, dengan tujuan bisa membangkitkan semangatku dan membuat kamu pantang menyerah.

1. Bill Gates, sempat gagal di awal saat terjun ke dunia wirausaha

5.jpg

Siapa yang tidak tahu Bill Gates? Salah satu tokoh terkenal dan dermawan ini adalah salah satu orang paling terkaya di dunia berkat perusahaan Microsoft yang dibangunnya. Namun siapa sangka, sebelum terkenal akan hasil produknya yang revolusioner di bidang teknologi, Bill Gates sempat menelan pil pahit akibat kegagalan dari usaha dia yang sebelumnya.

Beberapa tahun sebelum dia mendirikan Microsoft, Bill Gates beserta rekannya pada tahun 1970-an mencoba peruntungan dengan membangun perusahaan yang bernama Traf-O-Data, yang tidak jauh-jauh di bidang informatika. Namun sayangnya, produknya yang pada kala itu ditujukan untuk membantu mengolah data dari volume lalu lintas yang meliputi jalan dan kendaraan ternyata belum berhasil dan akhirnya gagal. Tapi, dia berhasil bangkit kembali dan sukses dengan perusahaan barunya yaitu Microsoft, yang berhasil menjadi salah satu perusahaan yang paling berpengaruh.

2. Arianna Huffington, ditolak hingga 36 penerbit

7.jpg

Sebagai pendiri salah satu media berita yang bernama The Huffington Post ini nyatanya juga memiliki cerita mengenal kegagalan yang harus dialaminya sebelum berhasil membangun salah satu media paling populer di Amerika Serikat, bahkan di dunia.

Huffington mengawali kariernya sebagai seorang penulis. Pada kala itu, dia ingin menerbitkan bukunya yang ke-2 namun alih-alih harus menerima berbagai penolakan dari 36 penerbit, bahkan ketika akhirnya bukunya berhasil diluncurkan, Huffington masih harus mendapatkan berbagai kritik besar terkait dengan buku karangannya.

Sebagai seorang public figure, Huffington juga mengaku bahwa dia sudah terbiasa menghadapi kegagalan. Kuncinya adalah dari sebuah nasehat ibunya yang berkata bahwa kegagalan bukanlah kebalikan dari kesuksesan, melainkan sebuah batu pijakan untuk mencapai kesuksesan. Sepertinya jelas terbukti bahwa jika dia selalu berpegang teguh pada prinsip tersebut, karena nyatanya, dia bisa menjadi sukses seperti sekarang ini.

3. Steve Jobs, pernah dipecat dari perusahaannya sendiri

6.jpg

Steve Jobs memang tidak perlu menunggu lama untuk sukses. Di usia 20-an, dia sudah berhasil membangun perusahaan Apple dan menuai keuntungan. Namun pada nyatanya, kesuksesan pun tidak luput dari kendala. Beberapa tahun menjabat di jajaran direksi, Steve Jobs terlibat konflik dengan rekan kerjanya sehingga membuatnya dipecat dari perusahaan yang dia bangun sendiri.

Meskipun begitu, hal itu tidak membuat Jobs putus asa. Setelah dipecat dari Apple, pada tahun 1985, Jobs kemudian membangun perusahaan baru yang bernama NeXT dan lanjut berkarya. Kehebatannya dalam berinovasi pun tidak terbantahkan lagi, sampai akhirnya perusahaan Apple tertarik untuk membeli perusahaannya barunya tersebut. Dengan dibelinya perusahaan NeXT oleh Apple memungkinkan Jobs kembali lagi ke perusahaan lamanya dan membuktikan bahwa keberadaannya merupakan kontribusi yang besar terhadap perusahaan Apple.

4. Colonel Sanders, baru bisa mencapai kesuksesan di usia yang tidak muda

8.jpg

Kamu pasti sudah familiar dengan gambar tokok kakek-kakek di logo restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC). Kakek tersebut ternyata bukan sembarang kakek. Dia adalah Colonel Sanders, orang yang mendirikan KFC.

Colonel Sanders lahir pada tahun 1890. Sanders berhasil menemukan resep terbaik untuk membuat ayam goreng dan membuka restorannya di tahun 1930-an. Meski menu andalan ayam gorengnya cukup terkenal dan ramai dikunjungi, nyatanya Sanders harus menunggu hingga usia yang tidak muda lagi untuk menyaksikan keberhasilan besar yang diraih usaha kecilnya itu. Pada usianya yang ke-75, Sanders pun baru memutuskan untuk menjual usahanya. Keputusan itu pun tidak sia-sia. Berkat itu, restoran KFC menjadi terkenal di penjuru dunia dan Sanders pun dikenang sebagai tokoh di balik ayam goreng yang khas itu.

5. Milton Hershey, 3 kali membangun usaha, 3 kali gagal

9.jpg

Hershey’s merupakan merek cokelat yang tidak asing lagi dan sudah mendunia. Pendiri salah satu perusahaan cokelat terbesar ini tidak lain adalah Milton Hershey. Bagi Hershey sendiri, untuk berhasil membangun sebuah usaha memang dibutuhkan kerja keras dan berbagai pengalaman pahit. Hershey sempat dipecat dari pekerjaannya dan membanting tulang untuk membuat usahanya sendiri yang berujung pada kegagalan.

Sejak awal, Hershey sudah memiliki minat besar untuk membangun usaha yang menjual produk manis-manisan seperti permen dan cokelat. Namun sepertinya, minat tersebut harus dihadapi oleh berbagai rintangan yang besar. Berulang kali Hershey membangun usaha namun gagal hingga 3 kali. Sampai akhirnya, Hershey terinspirasi untuk memproduksi cokelat susu dalam jumlah yang banyak. Usaha tersebut pun tidak sia-soia, karena terbukti cokelat produksinya bisa laku di pasaran.

6. Walt Disney, pernah dipecat dan dibilang tidak kreatif

10.jpg

Sempat mengawali karir dengan bekerja di sebuah surat kabar, Disney dipecat dan disebut tidak punya imajinasi dan kreativitas. Setelah itu, Disney mencoba peruntungan dengan membangun perusahaannya sendiri untuk membuat animasi.

Ternyata tidak cukup sampai disitu. Karena terlilit hutang, Disney menyatakan bahwa perusahaannya bangkrut. Kemudian, dia mencoba membangun kembali perusahaannya namun lagi-lagi tertimpa masalah ketika rekan kerjanya mencoba mengambil hak cipta tokoh kartun karangannya. Tidak menyerah dengan apa yang menimpanya, Disney tetap melanjutkan karyanya dan bisa sukses ketika dia pertama kali memperkenalkan karakter Mickey Mouse yang dibuatnya, serta saat dia meluncurkan film animasi pertamanya yaitu Snow White.

7. Soichiro Honda, sampai menggadaikan cincin istrinya

11.jpg

Sebelum perusahaan otomotif miliknya yang bernama Honda berkembang pesat dan menjadi kompetitor perusahaan Toyota, Soichiro Honda sempat bekerja memproduksi ring piston untuk perusahaan tersebut. Jalan yang dilalui Honda juga terbilang tidak mulus. Sempat membuka bengkel dan berulang kali, ring piston buatannya ditolak karena tidak memenuhi spesifikasi, bahkan hingga harus menggadaikan cincin istrinya untuk bertahan hidup, Honda tetap tidak menyerah.

Setelah  berhasil memproduksi ring piston buatannya, Honda lagi-lagi dihadapkan dengan musibah ketika gempa bumi juga sebuah serangan akibat Perang Dunia kedua yang menghancurkan pabriknya. Namun, tidak berhenti sampai disitu, Honda tetap meneruskan usahanya dan kemudian mengawali karir besarnya dengan memproduksi sepeda motor.

Kisah-kisah penuh perjuangan para pengusaha sukses tersebut membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Kegagalan juga bukanlah akhir, melainkan suatu langkah menuju kesuksesan.

Advertisements