Jika membicarakan tentang kamera smartphone, banyak orang masih terpatok pada ukuran megapiksel. Makin besar ukuran yang ditawarkan, biasanya makin membuat banyak orang tergiur. Pada faktornya, ukuran megapiksel sebuah kamera smartphone belum tentu dapat menghasilkan foto yang bagus. Ada faktor lain yang berpengaruh terhadap kualitas kamera sebuah smartphone selain ukuran megapiksel. Apa saja?

1. Sensor Kamera

17.jpg

Selain ukuran megapiksel, faktor penting pertama yang membuat hasil jepretan kamera smartphone menjadi bagus adalah sensor kamera. Sensor kamera bisa dibilang adalah faktor kunci dari kualitas jepretan yang dihasilkan kamera smartphone. Soalnya, sensor kamera sendiri merupakan bagian inti dan terdalam pada sebuah kamera.

Sebagai gambaran, di dalam sensor terdapat jutaan piksel yang berfungsi untuk menangkap jumlah cahaya dan menentukan warna pada foto. Jadi nih, makin besar ukuran sensor kamera yang dimiliki oleh smartphone, maka semakin bagus pula hasil jepretannya. Itu artinya, sensor yang lebih besar berarti mampu mengambil lebih banyak cahaya dan dapat menghasilkan warna yang lebih akurat.

2. Aperture

18

Selain sensor, aperture juga merupakan faktor penting yang bisa membuat hasil jepretan kamera smartphone menjadi menarik. Buat kamu yang bingung, secara garis besar aperture adalah bukaan diafragma pada lensa kamera yang berfungsi menangkap banyak cahaya yang masuk melalui lensa kamera dan menuju sensor. Biasanya nilai aperture ini ditandai dengan f garis miring lalu angka, seperti ini misalnya f/1.7.

Karena berperan penting terhadap kualitas kamera, maka pastikan jika smartphone yang kamu punya atau akan beli punya angka aperture yang pas. Gampangnya seperti ini, jika kamu ingin kamera smartphone yang hebat dalam kondisi minim cahaya alias low light tanpa bantuan lampu flashlight, maka carilah smartphone dengan angka aperture yang paling rendah.

3. Ukuran Pixel

19.jpg

Faktor yang berpengaruh terhadap kualitas kamera smartphone selain ukuran megapiksel adalah ukuran Pixel. Ukuran pixel biasanya ditentukan dengan ukuran mikro pixel. Jadi, ukuran pixel yang lebih besar akan lebih memaksimalkan kinerja sensor kamera dan akhirnya dapat menghasilkan foto yang bagus juga.

4. Lensa Kamera

20.jpg

Selain faktor di atas, faktor lain yang memengaruhi seberapa berkualitasnya hasil jepretan kamera smartphone adalah lensa. Lensa dapat berpengaruh terhadap kejernihan kualitas foto dan bagaimana cahaya dapat masuk dan sampai pada sensor kamera. Oleh karena itu, usahakan pada saat membeli smartphone, jika salah satu tujuanmu untuk foto-foto, maka perhatikan kualitas lensa yang digunakan pada kamera smartphone.

5. Prosesing Hardware dan Software

21.jpg

Spesifikasi hardware dan software atau dengan kata lain, sistem operasi dan aplikasi yang digunakan, juga turut berperan dalam memberikan kualitas gambar terbaik pada kamera smartphone. Kedua faktor ini lebih berperan pada pengontrolan shutter lag yang mengatur delay antar frame gambar. Jadi, kalau mau hasil jepretan berkualitas maka pastikan spesifikasi hardware dan software smartphonenya berkualitas dan terbaik. Percuma jika ukuran megapiksel-nya besar, kalau prosesor atau spesifikasi dapur pacunya masih standar.

Advertisements