Banyaknya larangan unik yang dibuat oleh pemerintah China, akan membuat kita sangat bersyukur bahwa kita tinggal di negara Indonesia.

Sebagai negara yang masih memegang teguh paham komunis, banyak kebijakan-kebijakan aneh yang dibuat oleh pemerintah China demi untuk tetap menjaga keharmonisan bangsa dari pengaruh dunia luar. Contohnya saja media sosial Facebook yang dilarang keras dipakai oleh warga China.

Selain itu, kartun Winnie the Pooh juga dilarang untuk tayang di negeri bambu tersebut. Alasannya pun cukup unik, yaitu karena banyak netizen yang menyamakan tubuh si beruang imut tersebut dengan presiden Xi Jinping.

Nah, ternyata masih banyak lagi larangan unik yang cuma ada di China seperti berikut ini.

1. Dilarang Membaca dan Menonton Alice in Wonderland

2.jpg

Beruntung bagi kamu yang tinggal di Indonesia. Pasalnya, kamu masih berkesempatan menyaksikan serunya petualangan Alice di Wonderland. Jika kamu tinggal di China, jangan harap kamu bisa dengan bebas membaca buku atau film Alice in Wonderland.

Pelarangan ini didasarkan karena hewan-hewan yang dapat berbicara dianggap menurunkan derajat manusia yang disebut sebagai makhluk sempurna.

2. Brad Pitt Adalah Musuh Pemerintah China

3

Kita mengenal Brad Pitt sebagai aktor berbakat yang tampil prima dalam sejumlah film, seperti Fight Club, Se7en, Ocean’s Eleven, sampai World War Z. Namun siapa sangka, mantan suami Angeline Jolie ini begitu dibenci oleh pemerintah China, sampai-sampai diblokir dari China.

Alasannya cukuplah sepele, di mana dalam suatu kesempatan, Brad Pitt menuturkan jika dia memberi dukungan terhadap kemerdekaan Tibet. Tidak hanya Brad Pitt, beberapa aktor pesohor lainnya seperti Richard Gere dan Harrison Ford juga bernasib serupa dengan Brad Pitt.

Kalau pemerintah Indonesia sama seperti pemerintah negara Tirai Bambu itu, Leonardo DiCaprio sudah menjadi musuh negara juga karena komentarnya soal kelapa sawit dulu.

3. Film Avatar Dilarang Tayang di China

4.jpg

Larangan unik yang cuma ada di China selanjutnya adalah tentang film Avatar. Film yang mengisahkan tentang makhluk biru ini dilarang tayang bukan karena tidak lulus sensor, tapi dikhawatirkan dapat mematikan industri film China.

Pada 2 minggu selepas rilis, film Avatar memang menggila dengan ribuan penonton yang antri ingin menyaksikan film garapan James Cameron. Dianggap terlalu populer, akhirnya pemerintah China membuat kebijakan untuk menghentikan penayangan Avatar, lalu kemudian diganti oleh film-film buatan sineas lokal.

4. Tentara China Dilarang Mencari Pasangan Lewat Aplikasi Online

5.jpg

Di zaman serba modern seperti sekarang ini, hampir semua hal sudah terintegrasi dengan internet, termasuk urusan jodoh. Bertebarannya aplikasi pencari jodoh belakangan ini tentu memiliki dampak positif bagi orang-orang yang kesulitan menemukan pasangan hidup.

Sayangnya, aplikasi seperti itu sangat dilarang dipakai oleh tentara China. Alasannya, personel militer China dikhawatirkan akan membocorkan rahasia negara.

5. Pemerintah Cina Pernah Melarang Bermain Video Game

6.jpg

Meskipun banyak game populer yang dibuat di China, tapi siapa sangka, jika bermain video game sempat dilarang di negara yang beribukota di Beijing tersebut.

Pemerintah China menganggap jika video game dapat membuat warganya hidup dalam kemalasan sehinggah dikhawatirkan akan merusak generasi bangsa. Untungnya, larangan itu segera dicabut dan masayarakat China pun bebas bermain game di mana saja.

Advertisements