Saat smartphone-mu kehabisan baterai, biasanya menjadi hal yang paling menyebalkan karena membuat kamu mati gaya dan menghambat komunikasi. Alhasil, karena sedang asyik chatting-an atau bahkan bermain game, smartphone yang lagi di-charge pun tetap kamu lanjut untuk dipakai. Alhasil, banyak yang mengeluh kalau smartphone-nya panas. Bahkan, kalau sudah parah, dalam keadaan standby pun, suhu smartphone-nya bisa naik.

Kalau smartphone kamu udah panas, rasanya tidak nyaman untuk digunakan lagi. Apa saja penyebab yang bisa membuat smartphone menjadi panas dan tips mengatasinya

1. Terlalu lama membuka aplikasi kamera

11.jpeg

Dibandingin dengan aplikasi lain, kamera adalah aplikasi yang paling banyak menggunakan daya dan RAM yang bisa membuat smartphone-mu cepat panas. Hal ini terjadi karena pada saat memakai kamera, smartphone-mu akan mengaktifkan CPU dan GPU secara bersamaan.

Bukan cuma sering memakai kamera, tapi juga lupa menutup aplikasi kamera pun bisa membuat efek yang sama. Walaupun tidak secepat ketika memakai aplikasi tersebut, tapi aplikasi yang tidak ditutup itu tetap berjalan di belakang layar atau biasa disebut dengan background process. Nah, untuk menghemat baterai dan daya ponsel, sebaiknya bersihkan background process yang tidak penting.

2. Membuka banyak aplikasi sekaligus

12.jpg

Kemampuan smartphone sekarang ini tidak kalah canggih dengan device sekelas laptop ataupun PC. Penyematan RAM hingga 4GB berfungsi agar para pengguna bisa menggunakan beragam aplikasi dalam 1 waktu tanpa ngelag.

Tapi, bukan berarti kamu harus terus menggunakan aplikasi layer to layer terus-terusan, kalau tidak, jangan heran kalau smartphone kesayanganmu menjadi panas. Soalnya, semakin banyak aplikasi yang digunakan akan meningkatkan kinerja CPU dan GPU. Semakin banyak aplikasi yang digunakan, semakin tinggi pula kapasitas RAM yang digunakan dan membuat smartphone panas dan bahkan menjadi ngelag.

3. Terlalu banyak menyimpan aplikasi

13

Saking besarnya RAM dan memori, tidak jarang sang pengguna menjadi download beragam aplikasi meskipun aplikasi tersebut tidak penting-penting sekali atau bahkan jarang digunakan. Padahal, tanpa sadar, walaupun aplikasi ini jarang digunakan, tapi tetap berjalan dan mengambil jatah RAM dan memori yang membuat smartphone menjadi cepat panas. Makanya, install atau simpan aplikasi di smartphone sesuai dengan kebutuhan saja.

4. Jaringan tidak stabil

14.jpg

Karena kecanggihan jaringannya, 4G menjadi pilihan setiap orang. Tapi sayangnya, tidak semua wilayah sudah mendukung jaringan ini karena beberapa kawasan masih belum tercover oleh jaringan 4G. Bahkan, 3G pun di sebagian wilayah masih sulit untuk didapat.

Saat kamu berada di wilayah yang susah mendapatkan jaringan, usahakan untuk menyesuaikan jaringan dengan wilayah sekitar, jangan memaksakan jaringan 3G ataupun 4G. Kalau memang smarpthone-mu sedang berada di wilayah dengan signal yang kurang stabil, usahakan untuk meng-air plane mode kan smartphone-mu. Alasannya adalah untuk menghindari smartphone-mu memanas ketika berusaha keras untuk menangkap signal yang tidak stabil tersebut.

5. Mematikan smartphone

15.jpg

Tidak cuma manusia saja yang membutuhkan istirahat, smartphone pun juga membutuhkan hal yang sama. Tidak ada salahnya untuk mengistirahatkan smartphone-mu sejenak. Saat jam istirahat malam, ada baiknya gadget-mu juga diistirahatkan.

Beberapa pakar juga menyatakan kalau gadget lebih baik di-charge dalam keadaan mati. Selain sang gadget bisa beristirahat, baterainya pun juga bisa lebih cepat terisi penuh.

Advertisements