Belakangan ini, berlibur ke suatu tempat baru sudah menjadi sebuah kebutuhan khusus. Banyak yang rela menyisakan sebagian uangnya untuk merencanakan travelling dari jauh-jauh hari. Walaupun waktu berlibur masih jauh, budget travel juga harus mulai disusun dari jauh-jauh hari. Berikut ini adalah 8 cara mengatur keuangan untuk kamu yang hobi travelling atau yang sedang merencanakan liburan.

1. Langsung sisihkan gaji

17.jpg

Kalau kamu memang sudah berniat untuk pergi liburan, artinya kamu juga harus mempunyai komitmen untuk menabung. Salah satu caranya adalah langsung menyisihkan atau membagi gaji kamu. Kebanyakan orang menabung 10% gaji mereka untuk biaya berlibur. Jadi, tidak ada salahnya untuk langsung memisahkan biaya liburan di rekeningan tabunganmu.

2. Membeli tiket pesawat saat saat promosi

18.jpg

Berlibur memang membutuhkan banyak biaya, terutama dalah hal transportasi. Tiket pesawat menjadi salah satu penentu apakah kamu bisa berhemat selama travelling ke luar ataupun di dalam negeri. Belilah tiket pesawat pada saat ada promosi karena harganya bisa sangat murah dengan potongan harga 50% sampai dengan 60%. Coba manfaatkan berbagai promosi di situs online dan promosi kartu kredit.

3. Memilih penginapan yang murah

19.jpg

Salah satu trik lain yang bisa membuat liburan menjadi murah adalah dengan memilih penginapan yang sesuai dengan budget-mu. Jadi, lebih baik dari awal, kamu sudah membuat perincian soal budget hotel, misalnya dalam 1 hari biaya untuk menginap dengan harga Rp 350 ribu. Cara ini bisa membuat liburan kamu menjadi murah meriah karena sebenarnya penginap hanya untuk tidur dan mandi saja. Coba pilih penginapan seperti hostel atau apartemen yang disewakan untuk menekan budget liburan.

4. Buat itinerary selengkap mungkin

20.jpg

Membuat budget, itinerary perjalanan, dan menabung harus berjalan bersama-sama. Kalau kamu sudah membuat itinerary, kamu langsung bisa membuat daftar pengeluranmu selama liburan. Nah, kalau kamu sudah tahu budgetnya, artinya kamu bisa langsung menabung dan mengira-ngira apakah liburanmu bisa terlaksana dalam waktu dekat.

5. Mencari tempat wisata yang gratis

21.jpg

Sekarang tidak susah untuk menemukan tempat wisata di negara lain, karena kamu bisa melihat berbagai rekomendasinya di internet. Coba kamu mencari tempat wisata yang tidak membutuhkan tiket masuk. Tempat wisata murah ini jumlahnya banyak, asalkan kamu jeli melihatnya. Tempat wisata murah ini kadang bisa lebih bagus dari tujuan wisata yang mainstream.

6. Membeli tiket atraksi secara online

22.jpg

Zaman sekarang yang sudah serba online, tiket museum atau atraksi di berbagai negara bisa dibeli dengan harga murah. Di situs-situs online, kamu bisa mendapatkan tiket tempat wisata murah dan kadang juga ada promo untuk beberapa tempat wisata. Menghemat biaya untuk tempat wisata juga bisa membuat liburan kamu menjadi murah.

7. Manfaatkan promosi untuk turis

23.jpg

Kalau kamu berniat untuk berlibur ala backpacker murah dan meriah, kamu juga harus mencari informasi soal promosi khusus turis. Promosi-promosi ini bisa sangat menguntungkan pada saat travelling. Beberapa kota bahkan menyediakan bis gratis untuk turis.

7. Menggunakan kartu pelajar

24.jpg

Kalau mahasiswa atau masih pelajar, hal ini bisa mengurangi budget itinerary yang sudah kamu buat. Biasanya museum-museum memberlakukan harga pelajar untuk tiket masuknya. Tiket masuk museum di luar negeri, harganya lumayan mahal, tetap kalau kamu memakai kartu pelajar, kamu bisa mendapatkan diskon sampai 50%, lumayan untuk menghemat selama travelling.

Tips mengatur keuangan ini dijamin bisa membuat biaya liburan jauh lebih hemat. Biar semakin irit, kamu juga bisa memilih tempat wisata yang murah, misalnya saja Thailand yang mempunyai nilai mata uang lebih rendah dari Indonesia.

Advertisements