Setelah mengumumkan akan tampil di Amerika Serikat pada bulan Januari lalu, rapper sekaligus komedian yang terkenal berkat video-video YouTube-nya, Rich Chigga, mengumumkan bahwa dirinya akan segera menggelar tur di Amerika Serikat.

Tur bertajuk ‘Rich Chigga’ Tour ini akan dimulai pada 28 April hingga 6 Mei 2017. Di bulan April, pelantun ‘Dat $tick’ tersebut akan tampil di The Roxy, Los Angeles (28 April) dan Constellation Room, Orange County (30 April).

Sedangkan di bulan Mei, pria kelahiran 21 September 1999 itu akan tampil di Sob’s, New York (3 Mei), festival musik hip hop ‘Rolling Loud’ di Miami (5 Mei), dan Middlelands, Todd Mission (6 Mei).

Dipersembahkan oleh 88 Rising, perjalanan Rich Chigga tersebut bisa dibilang membanggakan Indonesia. Penyanyi lagu ‘Who Dat Be’ ini berhasil menembus pasar internasional meski tidak bernaung di label musik komersial.

Bertolak ke Amerika adalah mimpi Rich Chigga sejak lama. Ia pernah menulis di akun Twitternya bahwa dia ingin pindah ke Amerika ketika umurnya 17 tahun. Ya, mimpi Rich Chigga akhirnya terwujud.

Sebelumnya, Rich Chigga sudah lebih dulu mengumumkan bahwa ia akan tampil di festival ‘Rolling Loud’. ‘Rolling Loud’ adalah festival musik hip hop tahunan di Miami, Florida, Amerika Serikat. Digelar selama 3 hari berturut-turut, yaitu tanggal 5-7 Mei 2017, ‘Rolling Loud’ menghadirkan 2 panggung terbuka di Bayfront Park.

Sederet jagoan hip hop turut memeriahkan acara tersebut, seperti pelantun ‘m.A.A.d city’ Kendrick Lamar, Future, pemilik lagu ‘God Bless Amerika’ Lil Wayne, A$AP Rocky, Travi$ Scott, Young Thug, Mac Miller, Kevin Gates, Tyler the Creator, penyanyi lagu ‘White Iverson’ Post Malone, dan masih banyak lagi.

Bisa dibilang, Amerika adalah surga bagi para rapper. Budaya hip hop yang kental seperti rap battle, komunitas, dan lain-lainnya membuat negera tersebut menjadi tujuan utama para pencinta musik hip hop untuk tinggal dan berkarier. Eminem, Jay Z, 50 Cent, dan Lil Wayne, contohnya. Dilansir situs The Richest, Jay Z menduduki posisi rapper ke-3 terkaya dengan kekayaan sekitar 550 juta dolar AS di umur 47 tahun.

Rapper berkulit putih Eminem menduduki posisi ke-6 dengan jumlah kekayaan mencapai 200 juta dolar AS di umur 44. Di posisi 9, 50 Cent hadir dengan kekayaan senilai 155 juta dolar AS di umur 41 tahun dan di posisi ke-12, ada Lil Wayne dengan kekayaan senilai 150 juta dolar AS di usia 34 tahun.

Rich Chigga begitu beruntung untuk mendapatkan kesempatan tampil di sana. Jika dia benar-benar memutuskan untuk hijrah ke Amerika dan berkarier di sana (dengan lagu-lagunya yang mendapat reaksi positif dari rapper-rapper Amerika seperti Ghostface Killah, 21 Savage, Tory Lanez, MadeinTYO, dan Desiigner), kemungkinan besar, kariernya akan melambung.

Rich Chigga memulai kariernya sebagai komedian dan rapper semenjak aktif menggunakan media sosial di tahun 2010. Hingga kini, Rich Chigga telah memiliki 4 buah single, yakni ‘Living the Dream’, ‘Dat $tick’ yang telah mendapat lebih dari 30 juta views di YouTube, ‘Who Dat Be’, dan lagu terbarunya yang diluncurkan akhir tahun lalu, ‘Seventeen’.

Advertisements