Indonesia sudah dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Di tahun 2016, Indonesia masuk ke urutan ke-4 negara penghasil kopi terbesar di dunia. Rasa khas kopi asli Indonesia memang tidak bisa ditemukan di jenis kopi lain.

Kopi khas Indonesia ini tersebar dari Sabang sampai Merauke dan setiap daerah memiliki cita rasa unik tersendiri. Dari ribuan jenis kopi asli Indonesia, 8 jenis kopi asli ini berhasil menarik hati banyak pecinta kopi. Mari kita simak 8 jenis kopi asli Indonesia ini.

1. Kopi Toraja

8

Kalau ditanya kopi asli Indonesia apa yang paling terkenal, jawabannya pasti kopi Toraja. Kopi yang berasal dari Tanah Toraja ini memang sangat dikenal baik di dalam maupun luar negeri. Kopi dengan cita rasa yang khas ini memiliki rasa yang tidak terlalu pahit dan tingkat keasaman yang lebih rendah. Kamu penyuka arabika ataupun robusta masih bisa mencicipi rasa khas kopi Toraja.

2. Kopi Aceh

9

Aceh juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi asli Indonesia. Salah satu variannya yang paling terkenal adalah Kopi Aceh Gayo. Kopi ini berasal dari dataran tinggi Gayo. Perkebunan kopi biasanya berada di ketinggian 1.200-1.700 Mdpl. Penyuka kopi arabika pasti akan jatuh hati sama kopi Aceh Gayo yang mempunyai rasa earthy seperti rempah-rempah.

3. Kopi Sumatera

10.jpg

Kopi Sumatera juga terkenal di dunia perkopian dunia. Kopi asal Sumatera ini mempunyai beberapa jenis kopi yang juga terkenal. Beberapa yang sudah dikenal baik adalah kopi Mandailing dan Lintong. Kopi dari daerah Sumatera ini mempunyai rasa kopi yang lebih halus dengan rasa kakao atau tembakau. Salah satu Kopi Sumatera Mandailing yang patut dicoba adalah dari Anomali Coffee yang mempunyai tingkat keasaman lebih rendah dengan rasa akhir tembakau.

4. Kopi Jawa Barat

11.jpg

Kopi Jawa Barat memang belum seterkenal 3 kopi yang sudah disebutkan di atas. Tapi kopi dari Jawa Barat bisa menyaingi rasa kopi Toraja, Aceh, dan Sumatera. Kopi Jawa Barat memiliki rasa fruity yang lebih manis, cita rasa kopi ini sekarang sedang naik daun dan banyak dicari. Walaupun masih sulit ditemukan, kopi asal Jawa Barat ini bisa menyaingi kopi asal Afrika dan Ethiopia.

Ethiopia.

5. Kopi Flores

12

Banyak orang yang mencari kopi dengan rasa medium yang tidak terlalu pahit ataupun asam. Kopi Flores Bajawa adalah salah satu kopi asal Flores yang sudah dikenal banyak pecinta kopi. Kopi ini juga biasanya memiliki aroma fruity dan sedikit bau tembakau pada after taste-nya.

6. Kopi Bali

13.jpg

Selain keindahan alamnya, Bali juga dikenal sebagai salah satu produsen kopi asli Indonesia yang memiliki cita rasa yang unik. Kopi Bali memiliki cita rasa buah-buahan yang cenderung asam dan segar. Beberapa orang menyukai kopi Bali karena rasanya yang lebih lembut dan tidak berat. Kamu bisa mencicipi rasa khas kopi Bali dari Anomali Coffee, Kopi Bali Kintamani dari Anomali memiliki cita rasa khas yang nutty dan juga fresh.

7. Kopi Papua

14.jpg

Kopi yang berasal dari wilayah Timur Indonesia ini bisa menjadi jawara di tengah keberagaman kopi asli Indonesia. Kopi Papua Wamena terkenal dengan cita rasa ringan dan memiliki keharuman yang kuat banyak disukai oleh pecinta kopi. Kualitas Kopi Papua tidak kalah dengan kopi yang berasal dari perkebunan di Sumatera atau Jawa. Kamu yang suka sama rasa kopi ringan dan lembut pasti akan jatuh cinta dengan kopi Papua.

8. Kopi Luwak

15.jpg

Beberapa tahun ke belakang ini, Kopi Luwak sempat menjadi primadona. Kopi Luwak yang mempunyai rasa ringan dengan sentuhan rasa fruity dan sedikit rasa rempah-rempah memang memiliki rasa unik. Kadar kafeinnya yang rendah juga menjadikan kopi luwak ini bisa dinikmati oleh siapa saja. Keunikan pengolahan Kopi Luwak menjadikan harganya melambung tinggi dan susah dicari. Kamu yang masih penasaran bagaimana rasa kopi luwak bisa langsung mencicipinya di Anomali Coffee. Di sini kopi luwak pilihan dan berkualitas tinggi bisa kamu nikmati.

Advertisements