Palung disebut juga jurang yang berada di dasar laut. Saat ini, Palung yang paling terkenal adalah Palung Mariana. Palung Mariana adalah palung yang terdalam di dunia yang terletak di barat laut Samudera Pasifik serta memiliki kedalaman 10.911 meter.

Selain Palung Mariana, masih ada beberapa palung di dunia yang kedalamannya yang mencapai palung Mariana.

1. Palung Mariana

17.jpg

Palung yang berlokasi di sebelah barat Samudera Pasifik dan sebelah timur pulau Mariana. Palung ini memiliki kedalaman 10.911 metet di bawah permukaan laut.

18.jpg

Tititk terdalam dari Palung ini dinamakan Challenger yang berasal dari nama kapal Angkatan Laut Britania Challenger II yang melakukan penelitian pada tahun 1951.

2. Palung Tonga

19.jpg

Palung Tonga berada di Samudera Pasifik. Palung ini memiliki kedalaman mencapai 10.882 Meter di dasar laut. Titik terdalam dari palung ini dinamakan Deep Horizon.

3. Palung Philippine

20.jpg

Dari namanya, kita pasti tahu kalau palung ini letaknya di Filipina. Palung yang sering juga disebut palung Mindanao, kedalamannya mencapai 10.540 Meter. Palung Mindanao ini memiliki panjang yang membentang kurang lebih 1.320 kilometer.

4. Palung Kuril-Kamchatka

21.jpg

Palung terdalam yang ke-4 adalah palung Kuril-Kamchatka. Palung ini memiliki kedalaman 10.500 meter dan terletak di Samudera Pasifik.

5. Palung Kermadec

22.jpg

Palung yang terletak di Samudera Pasifik ini memiliki kedalaman 10.047 Meter. Pada tahun 2012 lalu, para peneliti menemukan spesies/individu Amphipod raksasa di kedalaman tersebut.

6. Palung Jepang

23.jpg

7. Palung Puerto Rico

24.jpg

Palung Puerto Rico adalah palung yang terletak diantara perbatasan Laut Karibia dan Samudera Atlantik. Palung ini memiliki kedalaman 8.605 meter. Banyak berbagai studi dilakukan dan menyimpulkan bahwa gempa bumi yang terjadi di sepanjang zona patahan ini dapat menghasilkan Tsunami.

Advertisements