Siapa yang tidak kenal dengan film ‘Fast and Furious’, sejauh ini, sudah 7 sekuel film yang ditayangkan dan pada tahun ini dan akan menyusul seri kedelapannya, ‘The Fate of the Furious’, pada April 2017. Salah satu bagian terfavorit dari film yang dibintangi Vin Diesel, Paul Walker, Dwayn Jonshon, Jason Statham, dan nama-nama lainnya, itu adalah pada saat balapan. Tidak heran jika film ini banyak menyajikan mobil-mobil cepat. Tidak hanya itu, banyak mobil-mobil mahal yang dikorbankan. Nilainya juga tidak main-main, yaitu bisa mencapai ratusan juta dolar Amerika.

Berdasarkan data perusahaan asuransi InsurtheGap, nilai total kerusakan yang diakibatkan di film ‘Fast and Furious’ dari pertama hingga ketujuh mencapai USD514 juta atau sekira Rp 6,8 triliun (kurs USD1=Rp13.323). Jumlah itu sudah termasuk kerusakan infrastruktur dan bangunan, namun jumlah terbesar adalah mobil. Anehnya, justru para pemeran protagonis yang paling banyak membuat kerusakan yaitu mencapai USD320.210.007. Sementara, pemeran antagonis menyebabkan kerusakan senilai USD174.154.359.

Jika dihitung per orang, pembuat kerusakan termahal adalah Jason Statham yang memerankan Deckard Shaw dengan nilai USD182.350.445. Di film tersebut, total ada 348 mobil yang hancur dan rusak dengan perincian, 169 mobil reguler rusak, 142 mobil reguler hancur, dan 37 kendaraan istimewa (mobil balap, modifikasi, sepeda motor, bus, dan lainnya) yang hancur. Mobil termahal yang dikorbankan adalah Lykan Hypersport produksi W Motors di film Fast and Furious 7. Nilai mobil itu mencapai USD 3,4 juta atau sekira Rp 45,3 miliar.

Advertisements