Jika kamu merupakan seseorang yang sedang berusaha untuk berhenti merokok, kamu telah membaca artikel yang benar, dan kamu juga bisa share artikel ini agar saudara, teman, sahabat, atau keluarga lain yang kebetulan juga seorang perokok berat bisa berusaha untuk berhenti merokok.

Berikut ini cara terbaik untuk berhenti merokok:

1. Tuliskan kata-kata motivasi

Salah satu tipsnya yaitu dengan membuat catatan motivasi untuk dirimu sendiri dan ditempel di meja kerja kamu, atau kamu juga dapat meletakkannya di mobil, kulkas, monitor komputer, ataupun beberapa lokasi yang biasa kamu berada.

Meskipun cara ini terbilang kuno, tetapi ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mensugesti dirimu tanpa paksaan dan lumayan manjur, karena kamu mempunyai semacam pengingat otomatis serta konstan di alam bawah sadarmu.

2. Olahraga yang cukup

Setiap kali kamu mulai ingin merokok, mulailah berlari. Tidak harus berlari juga, kamu dapat melakukan beberapa gerakan olahraga lainnya. Mengapa harus berolahraga?

Menurut para ahli, bahan kimia yang dihasilkan dalam otak kamu ketika berolahraga maupun latihan seperti itu bisa mengurangi keinginanmu untuk merokok.

3. Mencari dukungan

Suporter yang dimaksud disini adalah mereka yang selalu membantumu, mengingatkanmu, mencegahmu ketika kamu berusaha untuk kembali merokok. Temukanlah orang-orang yang akan selalu mensupport kamu.

Jika keinginan untuk merokok mulai timbul, mereka harus mengalihkan keinginanmu dengan mengajak kamu pergi jalan-jalan, ngobrol, ataupun melakukan sejumlah aktivitas bersama yang memungkinkan kamu untuk tidak merokok. Tentu saja, kamu harus mencari suporter yang bukan dari kalangan para perokok.

4. Melakukan meditasi

Meditasi dipercaya bisa meningkatkan kekuatan atau keinginan yang kuat untuk suatu hal yang diinginkan. Syaratnya, meditasi tersebut dilakukan secara rutin setiap hari dengan sungguh-sungguh. Meditasi juga bisa membuat seseorang bisa menahan diri terhadap hal-hal yang kurang bermanfaat, termasuk keinginan untuk merokok.

5. Mencari pengalih perhatian

Ketika kamu mulai muncul keinginan untuk kembali merokok, segera alihkan perhatianmu dengan melakukan berbagai hal. Kamu dapat berjalan-jalan, melukis, menyanyi, serta lain sebagainya. Kamu harus bisa menemukan hobi atau kegiatan baru sebagai penggantinya.

6. Menghindari merokok

Banyak orang yang mendapatkan dorongan merokok ketika mereka dekat dengan alkohol atau ketika mengkonsumsi alkohol. Karena itu, sebisa mungkin, kamu harus menghindari minuman alkohol ketika mencoba berhenti merokok.

Advertisements