Untuk bisa mengendalikan komputer dengan baik, salah satunya tentu saja kita membutuhkan mouse, bahkan karena beigtu pentingnya mouse, pada saat ini, di pasaran sangat banyak pilihan jenis mouse yang tersedia.

Meskipun pilihan jenis mouse sangat banyak, kalau dilihat dari segi sensor, hanya ada 2 jenis, yaitu mouse jenis optik dan jenis laser. Apakah kamu tau perbedaan mouse optik dan mouse laser? Kalau kamu belum tahu, mari kita simak perbedaan mouse optik dan mouse laser.

Sebelum membahas perbedaan mouse optik dan mouse laser, tentu kamu harus mengetahui pengertiannya dulu. Berikut ini adalah pengertiannya secara singkat dan jelas.

Apa itu Mouse Optik?

7.jpg

Mouse Optik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh Agilent Technologies. Karena harganya yang pada saat ini sudah menjadi semakin murah, pada akhirnya mouse optik menggantikan keberadaan mouse bola.

Dengan menggunakan sinar dan photodioda yang berfungsi sebagai sensor, alhasil akan sangat baik dipakai di berbagai macam permukaan yang tidak mengkilap. Pada kondisi yang mengkilap, sensor optik bisa membaca hingga 3,2 Megapixel/s.

Apa itu Mouse Laser?

 

8

Mouse laser pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004 oleh Agilent Technologies dan Logitech. Karena harganya yang masih mahal, umumnya mouse laser ini hanya dipakai pada mouse gaming kelas antusias.

Pada dasarnya, konsep kerjanya sama dengan mouse optik, hanya saja photodioda digantikan dengan infrared laser dioda. Hasilnya, sensor ini bisa dipakai di permukaan kaca yang mengkilap. Pada kondisi yang optimal, sensor laser bisa membaca hingga 5.8 Megapixel/s.

Kesimpulan: Perbedaan Mouse Optik dan Mouse Laser

8.jpg

 

Jadi seperti itu perbedaan mouse optik dan mouse laser. Meski teknologi optik lebih lawas, rupanya banyak yang merasa optik jauh lebih bisa diandalkan. Bagaimana pendapat kamu terkait hal ini, lebih baik yang mana?

Advertisements