Apple dikabarkan memang belum memulai produksi iPhone 8. Tetapi, beberapa laporan terbaru yang berhembus kencang menunjukkan, bahwa Apple iPhone generasi berikutnya akan lebih menarik dari yang dibayangkan.

Kabarnya, iPhone 8 akan memiliki layar OLED edgeless. Kini, tersebar bukti yang mengungkap perangkat ini akan menampilkan kamera 3D baru yang revolusioner.

Apple akan menggabungkan kamera 3D ke iPhone 8 seperti yang terungkap dari sebuah catatan penelitian milik analis terkenal Ming Chi-Kuo, dari KGI Securities. Kuo menyampaikan bahwa modul kamera pada Apple iPhone generasi berikutnya akan memanfaatkan teknologi penginderaan 3D dari PrimeSense, sebuah perusahaan Israel yang dibeli Apple beberapa tahun lalu.

PrimeSense, menyediakan teknologi yang digunakan Microsoft pada generasi pertama dari versi Kinect. Kini Kuo berani menyatakan bahwa kamera iPhone 8 akan menjadi lebih baik.

Memperkuat laporan Kuo, analis Morgan Stanley Charlie Chan keluar dengan catatan penelitian baru (melalui Barrons). mengatakan bahwa Himax Technologies telah melihat kenaikan harga sahamnya lumayan tahun ini karena kesepakatan dengan Apple untuk menyediakan komponen penginderaan 3D untuk iPhone 8.

“Sudah ada teknologi penginderaan 3D berdasarkan PC/tablet yang dapat menjalankan: (1) pengenalan wajah, (2) gerakan penginderaan, (3) pemodelan 3D, dan (4) peningkatan kualitas foto shooting … Kami pikir modeling 3D memiliki potensi terbesar, karena dapat dikembangkan untuk AR baru/aplikasi VR (game, jejaring sosial virtual, dll),” tutur Chan yang menjelaskan kecocokan Himax Technologies untuk Apple.

Dia menambahkan, kamera Intel RealSense 3D telah memungkinkan penginderaan 3D di platform PC/tablet. Tingkat wafer optik (WLO) teknologi Himax ini selanjutnya dapat mengurangi ukuran dan sesuai dengan penginderaan 3D di smartphone.

Dengan kamera 3D di belakangnya, dipercaya bahwa Apple akan memperkenalkan sejumlah pengenalan wajah canggih dan fitur augmented reality ke dalam iPhone 8 guna menambah pengalaman bagi pengguna. Selain mampu mengambil foto selfie dalam bentuk 3D, ada juga spekulasi bahwa teknologi kamera Apple akan memungkinkan pengguna menempatkan versi 3D mulai dari kepala mereka hingga tubuh video untuk karakter pada game.

Advertisements