Menjelang peluncuran resminya, Samsung telah mencoba berbagai cara untuk menutup apa yang akan dihadirkan di hari besarnya. Namun, spesifikasi dan desain Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus ternyata terungkap.

Berkat WinFuture, gambar dari Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus untuk semua varian warna Samsung yang akan ditawarkan terungkap. Selain itu, publikasi telah mengungkapkan sebagian besar fitur dari smartphone mendatang.

Pada kali ini, Samsung menawarkan fitur yang digadang terbaik dari jajaran Galaxy lainnya, dikombinasikan dengan desain inovatif untuk membuat konsumen lupa dengan kegagalan Samsung Galaxy Note 7. Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus kabarnya akan menawarkan model 5,8 inch dan 6,2 inch dengan ujung-ujung melengkung menampilkan Super AMOLED, beresolusi 2960 x 1440 piksel (18,5:9 aspek rasio mirip dengan LG G6 ).

Kamera pada smartphone akan mempertahankan resolusi 12MP (ukuran pixel 1.4μm), f/1.7 aperture, dual pixel autofoucs, OIS dan dapat merekam video 4K.

Namun, Samsung dikabarkan menggunakan autofocus laser sehingga kualitas fokus lebih dapat diandalkan.

Kamera menghadap ke depan mendapat resolusi 8MP ( dengan f/1.7 aperture ) tetapi juga menggunakan mekanisme autofocus, sehingga dapat menangkap situasi secara dinamis. Tampaknya, ada scanner iris yang beroperasi mudah, cepat, handal dalam mengidentifikasi pengguna dan otentikasi.

Terlepas dari scanner iris, Samsung juga telah melengkapi perangkat mendatang dengan sensor sidik jari menghadap ke belakang yang mendukung gerakan untuk membuka ponsel dan aplikasi. Mirip dengan Samsung Galaxy Note 7 ( dan lebih baru-baru ini, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge ), Galaxy S8 dan S8 plus akan memiliki layanan Folder Aman untuk menyimpan informasi sensitif, aplikasi, dan file.

Kedua perangkat tersebut juga dikatakan bersertifikasi IP68 untuk ketahanan dari debu dan air ( untuk 30 menit dan sampai 1,5 meter ). Laporan tersebut mengklaim bahwa Galaxy S8 dan S8 Plus memiliki speaker olahraga stereo serta headphone jack 3.5mm.

Soal perangkat keras internal, Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus menggunakan fitur prosessor 2.5GHz octa-core Exynos 8895 ( Qualcomm Snapdragon 835 di beberapa pasar ), RAM 4GB, penyimpanan internal 64GB UFS 2,0 dan slot kartu microSD ( yang dapat menyimpan data hingga 256GB). Smartphone ini dikabarkan akan menampilkan dual band gigabit WiFi, LTE, GPS, Bluetooth 4.2, NFC dan USB Type C.

Samsung Galaxy S8 dilengkapi dengan baterai 3000 mAh, sedangkan Galaxy S8 Plus kabarnya akan dilengkapi dengan baterai 3.500 mAh. Kedua smartphone itu akan memiliki pengisian nirkabel cepat menggunakan charger convertible baru yang bocor beberapa waktu yang lalu.

Mirip dengan Apple iPhone 7 dan 7+ serta HTC U Ultra, Galaxy S8 dan S8 Plus dilaporkan akan memiliki speaker stereo. Smartphone ini tersedia dalam warna Hitam, Biru, Emas, Anggrek Gray, dan Silver, dengan aksesoris resmi akan ditawarkan dalam warna senada.

Kabarnya, Samsung Galaxy S8 akan dibanderol seharga 799 Euro atau sekitar Rp 11 jutaan, sedangkan Galaxy S8 Plus dikabarkan dibanderol seharga 899 Euro atau sekitar Rp 13 jutaan.

Samsung juga akan menawarkan program layanan yang disebut dengan Samsung Penjaga S8 di beberapa pasar yang memungkinkan pembeli mendapatkan telepon mereka diperbaiki dalam waktu 2 jam. Perpanjangan garansi resmi juga akan ditawarkan oleh Samsung di beberapa pasar.

Secara resmi, ponsel ini akan dirilis pada 29 Maret mendatang di London dan New York.

Advertisements