Teknologi dan zaman memang sudah lebih maju. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, strategi dan juga tingkat kejahatan internet juga meningkat. Biar kamu tidak jadi salah satu korbannya, mari berhati-hati dengan jenis scam di bawah ini:

1. Scam E-mail Junk

27.jpg

Karena kamu tidak pernah menyebarin e-mail sembarangan, bukan berarti e-mail-mu sudah pasti aman dari scam. Biasanya, e-mail tidak jelas tersebut akan langsung masuk ke folder junk-mu. Walaupun subjectnya tidak mencurigakan, tapi biasanya kalau kamu ngeklik link atau bahkan membuka pesannya aja bisa membuat akun e-mail-mu bermasalah. Mulai dari tiba-tiba inbox hilang, atau bahkan membuat akun e-mail-mu mengirim pesan-pesan tidak jelas ke kontak lain. Daripada e-mail-mu bermasalah, terlebih lagi e-mail kantor dan bisnis, mendingan kamu tidak usah buka-buka pesan yang tidak jelas.

2. E-mail Bersahabat yang Masuk ke Inbox

28.jpg

Kalau ada pesan yang masuk ke junk, memang kalau bisa tidak usah dibuka. Tapi, ada juga e-mail yang masih masuk ke kotak pesan. Biasanya, e-mail ini bersahabat banget. Bahasanya rapi dan susunan kalimatnya juga bagus plus dengan alamat e-mail-nya yang cukup terpercaya. Biasanya, isinya berupa meminta tolong yang berhubungan dengan saham, imigrasi, deportasi dan soal kenegaraan yang lain. Waktu pertama kali kamu menerima e-mail seperti itu, pasti kamu tidak bakalan mengerti kalau itu adalah scam. Hati-hati ya! Cukup dibaca saja, tidak usah dibalas.

3. E-mail Atas Nama Kartu Kredit

29.jpg

Ada juga jenis scam yang mengirimkan e-mail dengan mengatasnamakan bank kartu kreditmu dan menginformasikan kalau kartu kreditmu bermasalah dan meminta kamu untuk mengklik sebuah tautan. Nah, kalau udah menerima e-mail seperti itu, hati-hati, deh. Daripada kamu buka link-nya, mendingan kamu langsung menghubungi perusahaan kartu kreditmu untuk mengvalidasi notifikasi tersebut.

4. Tawaran Kerja Yang Menggiurkan

30.jpg

Siapa yang tidak penasaran kalau menerima e-mail yang berisi tawaran kerja? Tapi, kalau kamu tidak merasa apply tapi bisa mendapatkan tawaran yang super menggiurkan, apa tidak mencurigakan? Coba kamu mengvalidasi pengirim dan perusahaan yang disebutkan dulu sebelum kamu mengikuti langkah-langkah yang diminta, seperti misalnya beralih ke sebuah link atau mengisi data diri.

5. Scam Lewat Message di Sosial Media

31.jpg

Selain melewati e-mail, ada juga scam melewati pesan di akun sosial mediamu, biasanya adalah Facebook. Sang akun scam tersebut akan mengirim pesan tidak jelas dengan link. Nah, permasalahnnya adalah link tersebut yang bisa ngehack akun sosial mediamu. Hati-hati, bisa-saja sang hacker mengambil alih akun sosial mediamu.

6. Jual Beli Online Yang Tidak Bertanggung Jawab

32.jpg

Sekarang ini, jual beli online sudah banyak sekali medianya. Scam yang satu ini memang tidak merugikan akun sosial mediamu tapi bisa merugikan uang. Kalau kamu suka belanja online di tempat yang tidak meyakinkan, di web yang belum kamu verifikasi atau tidak ada review-nya atau bahkan di online shop di sosial media yang belum terjamin, hati-hati, bisa saja setelah kamu transfer uangnya, barang pesananmu tidak bakalan sampai ke rumah. Makanya, untuk menghindari scam ini, usahakan belanja online di tempat yang terjamin saja.

7. Kartu Kredit Yang Jebol

33.jpg

Salah satu kekurangan lain jika kamu belanja di tempat jual beli online yang tidak terpercaya adalah kemungkinan kartu kreditmu yang jebol. Makanya, sangat penting untuk terus mengecek status kartu kreditmu dan terus bertransaksi di tempat yang terjamin.

8. Virus Bawaan Dari Download

34.jpg

Buat kamu yang hobi mendownload aplikasi atau film di internet, usahakan untuk berhati-hati dan jangan asal ngeklik link yang ada. Kalau kamu asal ngeklik, kamu bukannya nge-download film saja, tapi juga ngedownload virus-virus yang sepaket dengan film tersebut. Mari teliti saat download sesuatu di internet!

9. Password Yang Jebol

35.jpg

Terakhir, scam password yang jebol juga banyak terjadi di internet. Misalnya saja, saat kamu lagi mendaftarkan akun di website baru, usahakan jangan langsung memeberikan link ke beragam akun sosial mediamu. Bisa jadi, web tersebut belum terpercaya dan malahan bisa membobol akun sosial mediamu, apalagi buat tipe orang yang menggunakan password yang sama di setiap sosial medianya. Kalau satu udah jebol, bisa saja akun yang lain juga ikut kebobol.

Yuk berhati-hati saat bermain di dunia maya. Bukan hanya akun kamu aja yang bisa diretas, tapi data pribadimu juga jadi taruhannya.

Advertisements