Sejarah kendaraan atau alat pengangkut hampir sama tuanya dengan peradaban manusia modern. Namun, dia berakselerasi cukup cepat pasca penemuan lokomotif uap pada awal abad ke-19.

Era kendaraan bermotor kemudian mucul seiring dengan penemuan mesin pembakaran dalam. jean Lenoir, insinyur berdarah Belgia dan Perancis, adalah orang pertama yang sukses mengembangkan mobil dengan teknologi itu pada tahun 1858.

Tidak perlu menunggu waktu lama, bermodalkan penguasaan teknologi, orang-orang yang kemudian namanya tercatat dalam sejarah mendirikan perusahaan kendaraan bermesin, sebut saja Henry Ford, atau duo Henry Royce dan Charles Rolls.

Perusahaan mereka masih tegak berdiri. Meskipun telah berusia lebih dari 1 abad, mereka masih bisa “beradu otot” dengan pabrikan yang lebih muda. Selain mereka, masih ada lagi pabrikan lain yang usianya telah lebih dari 100 tahun.

Ford Motor Company

Perusahaan pertama yang usianya sudah mencapai lebih dari 100 tahun adalah Ford Motor Company. Menurut laman ford motorhistory, perusahaan asal Amerika Serikat ini didirikan oleh pria yang bernama Henry Ford, pada Juni 1903. Artinya, pada tahun ini mereka akan memasuki usia ke 114 tahun.

General Motors

Berdasarkan laman history.com, General Motors (GM) didirikan oleh William Crapo Durant pada September 1908, atau akan berusia 109 tahun pada tahun ini. Saat itu, GM dimaksudkan sebagai perusahaan induk Buick, yang juga merek mobil bermesin. GM terus melebarkan sayap dengan merek-merek yang berbeda dan beroperasi di puluhan negara.

Mercedes Benz

Pabrikan asal Jerman, Eropa ini juga usianya sudah melebihi 100 tahun. Mercedes Benz, yang menurut laman resmi mereka, didirikan pada tahun 1886 di Manneheim, Jerman. Mobil Mercedes Benz pertama kali diperkenalkan pada Maret 1901 di ajang Nice Race Week. Mobil ini bertenaga 35 tk.

Daihatsu

Daihatsu adalah pabrikan mobil tertua asal Jepang. Dalam laman resminya, daihatsu.com, disebutkan bahwa perusahaan ini didirikan pada 1 Maret 1907 dengan nama Hatsudoki Seizo Co dengan core bisnis produksi mesin pembakaran internal. Hatsudoki baru berganti nama menjadi Daihatsu pada tahun 1951.

Selain 4 pabrikan di atas, ada 6 pabrikan lain. Namun, keenam pabrikan ini terbilang kurang populer jika dibandingkan dengan 4 lainnya, setidaknya di Indonesia. Berikut ini adalah 6 pabrikan tua lainnya:

Opel

Meskipun kurang populer, ternyata sejarah Opel lebih tua dibandingkan dengan 4 pabrikan sebelumnya. Jika ditilik dari pendirian perusahaan, Opel didirikan pada tahun 1862 oleh Adam Opel. Saat itu, Opel adalah produsen mesin jahit. Barulah pada 1899, perusahaan asal Hesse, jerman ini membuat mobil yang diberi nama System Lutzmann.

Fiat

Fiat, seperti Opel, didirikan sebelum abad ke-19 menyongsong. Ia didirikan oleh kelompok investor, termasuk Giovanni Agnelli, pada tahun 1899. Di tahun yang sama, tepatnya pada tanggal 11 Juli, sebagaimana disebut oleh laman fcagroup.com, Fiat untuk pertama kalinya memperkenalkan mobil yang bertenaha 4 tk.

Tatra

Tatra, nama yang sama sekali tidak familiar. Namun, pabrikan asal Ceko ini adalah pabrikan mobik tertua kedua di dunia. Pada tahun 1850, perusahaan ini memproduksi kereta. 47 tahun setelahnya, atau pada 1897, mereka membuat mobil pertama. Namun pada 1999, mereka memutuskan untuk berhenti membuat mobil penumpang dan fokus kepada truk.

Peugeot

Sebagaimana dengan pabrikan lain, Peugeot tidak langsung membuat mobil. Pabrikan ini didirikan pada tahun 1810 sebagai pabrik kopi dan sepeda. Peugeot baru membuat mobil  (beroda 3 bertenaga uap) pada tahun 1889. Pada saat itu, hanya ada 4 mobil yang diproduksi.

Renault

Perusahaan asal Perancis ini didirikan oleh Louis Renault pada tahun 1898. Mobil pertama yang dibuat merek ini dinamakan Renault Voiturette 1CV, dan diuji coba untuk pertama kalinya pada 24 Desember 1898.

Aston Martin

Aston Martin menjadi pabrikan terakhir dalam list kami yang telah berusia lebih dari 100 tahun. Menurut laman astonmartin.com, merek mobil mewah ini didirikan oleh Robert Bamford dan Lionel Martin pada tahun 1913. Setahun setelahnya, dengan bekal workshop kecil di London, mobil pertama Aston Martin sukses dirakit dan teregistrasi.

Advertisements