Bagi kamu yang gemar minum kopi, mungkin telah membaca dan mendengar berbagai pro dan kontra dari minuman yang satu ini. Beberapa ahli berpendapat, bahwa kopi merupakan sumber penting dari serat dan antioksidan. Sedangkan, banyak orang lainnya juga percaya bahwa kopi memiliki dampak buruk, seperti iritasi, peningkatan denyut jantung, dan dehidrasi.

Walaupun sudah mengetahui beberapa dampak buruk yang dihasilkan dari kopi, masih banyak juga orang tidak bisa meninggalkannya, apakah kamu salah satunya? Namun bukan berarti kamu boleh mengabaikan beberapa ketentuan yang berlaku bagi para penggemar kopi, seperti berapa banyak yang boleh dikonsumsi dalam 1 hari.

Bagi kamu yang terbiasa meminum 2 cangkir kopi dalam sehari, hal ini beresiko memperlambat metabolisme dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Berbeda halnya jika kamu hanya meminum 1 cangkir dalam sehari.

Cara terbaik untuk mengetahui berapa banyak kopi yang boleh diminum dalam sehari adalah dengan memastikan sensitivitas kamu terhadap kafein. Apakah setelah kamu meminum kopi, kamu langsung merasa cemas dan tidak tenang. Ini berarti kamu harus membatasi asupan kopi 1 sampai 2 cangkir saja dalam sehari.

Sebaliknya, jika kamu tidak memiliki masalah apapun saat meminum kopi, batasan kafeinnya adalah sekitar 300 sampai 400 miligram atau 3 sampai dengan 4 cangkir dalam sehari.

Advertisements