Penumpang bukanlah satu-satunya orang yang bisa menikmati tidur dalam penerbangan jarak jauh. Para awak kabin seperti pramugari dan pilot juga bisa menikmati tidur di atas ketinggian puluhan ribu kaki diatas permukaan laut.

Dimanakah mereka biasanya tidur? Kamu tentu pasti akan bertanya-tanya.

Pilot memiliki ruangan tersendiri untuk menghabiskan separuh perjalanan mereka yang panjang dengan istirahat.

Pada beberapa pesawat jenis Boeing 777, ruang istirahat bagi pilot terdapat pada kelas pertama dan terselip di balik kokpit. Pilot hanya perlu memanjat sebuah tangga tersembunyi untuk masuk ke area rahasia mereka.

3.jpg

Di sinilah, mereka bisa istirahat untuk melepaskan kantuk. Meskipun agak sempit, ruangan ini memiliki 2 kursi kelas bisnis dan tempat tidur datar yang sederhana.

Ada juga tirai untuk membantu meredam suara dari mesin pesawat. Tidak lupa, telepon juga disediakan di ruangan ini untuk sewaktu-waktu menghubungi pilot jika terjadi kondisi darurat.

Pemandangan yang lebih bagus dapat ditemukan pada pesawat jenis A380 Lufthansa Airbus. Pasalnya, ruangan istirahat para pilot dilengkapi dengan kamar mandi dan wastafel.

Sedangkan pada pesawat American Airlines 777, ruang istirahat pilot dilengkapi dengan TV. Pada pesawat Singapore Airlines terlihat sentuhan mewah untuk ruang istirahat pilot, yakni dengan memberikan bantal berbahan satin.

Advertisements