Banyak mitos yang menuturkan bahwa kafein harus dihindari oleh para penderita diabetes. Namun, mitos tersebut tidak perlu dikhawatirkan, sebab itu tidak terbukti kebenarannya.

Kafein sendiri ternyata baik untuk dikomsumsi oleh semua orang, tidak terkecuali bagi para penderita diabetes.

“Tidak ada larangan kafein bagi penderita diabetes, justru kopi itu bagus untuk otot jantung dan zat antioksidan,” ujar spesialis penyakit dalam, Dr. Benny Santosa, SpPD, KEMD, dalam diskusi media “Kepatuhan Berobat Pasien Diabetes” di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat 24 Maret 2017.

Menurutnya, tidak perlu ada larangan untuk konsumsi kopi ataupun minuman berkafein lainnya. Hal tersebut bukanlah pantangan. Namun, konsumsinya sendiri sebaiknya tidak berlebihan.

“Satu cangkir kopi itu sudah cukup bermanfaat bagi tubuh. Selama tidak mengalami efek samping seperti jantung yang berdebar-debar, satu cangkir per hari itu sudah cukup,” kata Benny.

Asupan kopi atau minuman kafein yang berlebihan akan berdampak buruk. Selain itu, disarankan agars membiasakan diri konsumsi kopi tanpa gula.

“Adaptasi minuman kafein tanpa gula sudah mulai harus dilakukan. Alangkah baiknya jika konsumsi kopi tanpa gula, karena asupan gula sendiri sudah banyak tercukupi dari makanan lain. Kalau ditambahkan, bisa berlebihan di dalam tubuh,” kata Benny.

Advertisements