Seorang pria mirip dengan tersangka pembunuhan Kim Jong Nam, Kim Uk Il, terlihat asyik bermain biliard di Kedutaan Besar Korea Utara di Kuala Lumpur, Malaysia. Hal itu diketahui dari rekaman video yang dirilis oleh All Nippon News Network ( ANN News ).

ANN News menayangkan rekaman video berdurasi satu menit pada Senin lalu. Video tersebut menunjukkan seorang pria mirip tersangka, Kim Uk Il, sedang bermain biliard dengan beberapa orang di lantai 2 dari kedutaan besar Korea Utara di Damansara Heights.

Kim Uk Il adalah seorang karyawan dari maskapai penerbangan Korea Utara, Air Koryo. Dia dicari oleh polisi Malaysia dalam rangka penyelidikan pembunuhan Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Kepala Kepolisian Malaysia Khalid Abu Bakar pada tanggal 22 Februari lalu mengatakan, Uk Il adalah tersangka pembunuhan Kim Jong Nam bersama dengan sekretaris kedua kedutaan yaitu Kwang Hyon Song. Keduanya diyakini bersembunyi di gedung kedutaan.

Tersangka lain, Ri Ji U yang juga dikenal sebagai “James”, diyakini masih berada di Malaysia. Sebanyak 4 tersangka lain diyakini telah melarikan diri ke Pyongyang.

“Kami percaya bahwa mereka berada di kompleks kedutaan, ini termasuk staff Air Koryo. Jika mereka tidak datang, kami akan memaksa mereka untuk melakukannya, sebelum kami mengeluarkan surat perintah penangkapan,” kata Khalid pada konferensi pers awal bulan ini. “Kami akan menunggu bahkan jika itu akan membutuhkan waktu 5 tahun, pasti seseorang akan keluar,” tegasnya.

Dilaporkan pada Rabu, tersangka lain yang terlibat dalam pembunuhan itu diidentifikasi sebagai anak seorang utusan Korea Utara untuk Vietnam. Dia menggunakan bahasa Vietnam yang fasih untuk memikat perempuan Vietnam untuk melakukan pembunuhan tersebut.

Kantor Berita Korea Selatan, Yonhap News Agency melaporkan, Ri Ji Hyon adalah putra mantan duta besar Korea Utara untuk Hanoi, Ri Hong yang tinggal di Vietnam selama sekitar 10 tahun. Tersangka disebut berperan dalam merekrut Doan Thi Huong, seorang wanita yang terlibat dalam pembunuhan.

Advertisements