Cadillac selalu menjadi pilihan untuk mobil presiden Amerika Serikat. Itulah mengapa kendaraan orang nomor 1 di Negeri Paman Sam mempunyai julukan ‘Cadillac One’, selain julukan lain seperti The Beast, Limousine One, First Car, atau Stagecoach.

Mobil presiden AS saat ini dilengkapi sarana penyelamat jiwa presiden termasuk pasokan darah, serta memiliki kemampuan ofensif dan defensif. Kendaraan itu dibuat dengan standar Secret Service.

Pasca penembakan Presiden John F Kennedy, pemimpin Amerika Serikat tidak diperbolehkan berkendara dengan mobil bak terbuka, harus selalu tertutup.

Saat berada di dalam mobil tersebut, sang presiden seakan terputus dari dunia luar. Namun, perangkat komunikasi paling canggih pada abad ke-21 ada di tangannya.

Generasi baru mobil presiden Amerika Serikat terus dikembangkan, dibuat lebih canggih., aman, sekaligus nyaman untuk sang kepala negara.

Tidak hanya Amerika Serikat, sejumlah pemimpin negara lain juga memiliki mobil kepresidenan. Masing-Masing memiliki keistimewaan.

Diantara merek mobil kenegaraan yang kerap dipakai, Mercedez Benz menjadi yang paling lazim, termasuk yang dipakai di Indonesia.

Berikut ini adalah 16 kendaraan kenegaraan yang beredar di berbagai negara:

1. Italia: Lancia Thesis US$ 65.709

28.jpg

Jangan heran dengan pilihan Italia. Lancia Thesis yang dipakai memiliki mesin turbo dan transmisi 6 kecepatan. Kecepatan maksimumnya adalah 222 kilometer per jam dengan torsi 240 pon kaki.

Di dalamnya, ada kulkas dan minibar, dan tentunya GPS, sistem satelit, hubungan internet, mesin faks, perangkat DVD dan tempat duduk bahan kulit yang mewah.

Pada tahun 2014, Perdana Menteri Italia menawarkan mobil itu kepada mereka yang mampu membelinya.

2. Jepang: Toyota Century Royal US$ 85.500

29.jpg

Pemerintah Jepang tidak main-main. Pilihan mobil kenegaraan jatuh kepada Toyota Century Royal yang dilengkapi eksterior tahan peluru, kokpit yang nyaman, dan mesin yang tangguh konfigurasi V12 dengan 48 katup.

Ada pintu kecil di bagian belakang kursi depan. Mobil sejenis ini dipakai oleh para eksekutif pemerintah dan juga para anggota Yakuza.

3. Singapura: Mercedez Benz S350L US$ 85.995

30.jpg

Singapura menjadi salah satu tempat berkumpulnya berbagai mobil mewah. Mobil kenegaraan pun tidak mengecewakan, sebuah Mercedez Benz S350L.

Presiden Singapura menggunakan model tersebut keluaran tahun 2010 dengan warna putih berkelas dan daya tambahan pada mesin serta tambahan lain yang mengundang kecemburuan.

Misalnya, perseneling pada dashboard, bantuan penglihatan malam, sensor tabrakan dan tampilan fender modern.

Ditambah lagi dengan lapisan baja pelindung dari berbagai serangan dan lampu LED siang hari yang dipadu dengan pencahayaan bi-xenon.

4. Uzbekistan: Range Rover Supercharged US$ 103.195

31.jpg

Uzbekistan juga tidak main-main dengan Range Rover Supercharged yang dipesan khusus sesuai permintaan, lengkap dengan lapisan pelindung tahan peluru dan tembakan lain.

Range Rover Supercharged itu bisa dibawa navigasi di berbagai medan dengan tetap memberikan perjalanan yang mulus dan nyaman. Bagian luarnya diberi lengkungan yang sepadan dengan baguan dalamnya yang lembut dan canggih.

Walaupun mesinnya besar, saura mesin tergolong sangat senyap. Basis rodanya dipilih yang panjang, lalu ditambah juga dengan GPS dan teknologi satelit.

5. Maroko: Mercedez 600 Pullman US$ 120.384

32.jpg

Di Maroko, Raja Hassan II memesan kendaraan kerajaan yang tidak biasa, yaitu Mercedes 600 Pullman bermesin 6,3 liter V8, dengan poros overhead dan injeksi mekanis bahan bakar besutan Bosch.

Perjalanan akan terasa nyaman karena sistem hidrolik teknologi tinggi, lalu kemudi, pintu, dan jendela berbantu, dan sejumlah tambahan keamanan mewah lainnya.

Di Maroko, ada 2 versi yang dipakai eksekutif, yaitu basis roda pendek dan basis roda panjang.

6. Korea Selatan: Hyundai Equus VL500 (550) Limousine US$ 122.180

33.jpg

Korea Selatan memiliki tetangga yang cukup mengerikan di dunia yaitu Korea Utara, sehingga mobil kenegaraan pun jelas dipersiapkan untuk itu.

Kendaraan itu adalah limo panjang pertama yang dibuat di Korea Selatan dan dilengkapi dengan lapis baja pelindung bagu sang pemimpin, termasuk ketahanan terhadap ledakan yang setara 15 kilogram TNT.

Model ini lebih besar daripada pendahulunya dan amat besar dibandingkan dengan semua model Hyundai lainnya. Mobil itu dipakai dalam KTT G20 di Korea Selatan walaupun awalnya dibuat untuk Presiden Cheong Wa Dae.

7. Norwegia: Binz Limousine US$ 128.351

34.jpg

Pertama kali terlihat pada akhir 2012 saat musim liburan, limousine Binz seakan seperi mobil-mobilan bagi Raja Harald V dan kendaraan itu mengundang kekaguman.

Limo tersebut memiliki tempat duduk yang nyaman untuk perjalanan jauh, demikian juga adanya sistem hirudan dan infotaiment untuk bisnis maupun untuk bersantai.

Kendaraan yang diilhami oleh Mercedez Benz itu memiliki fitur nyala mati secara otomatis dan mesin yang efisien. Inspirasi dari Mercedez Benz juga terasa pada keamanan tingkat tinggi dan letak interior yang fungsional dan juga indah.

8. Brunei: Rolls Royce Phantom VI US$ 148.645

35.jpg

Sultan of Brunei berkeliling negerinya menggunakan Rolls Royce Phantom VI, yang bukan sekedar gaya tapi indah. Mobil itu merupakan keluaran terakhir yang memiliki chasis terpisah dilengkapi dengan pegas ulir di depan dan pegas keong di belakang. Mobil ini dilengkapi dengan karburator SU, mesin V8, dan transmisi otomatis 4 kecepatan yang membantu mobil itu melejit pesat.

Beberapa pemimpin lainnya yang juga menggunakan kendaraan tersebut adalah Mohammad Reza Pahlavi, Shah Iran, Prince of Wales, Duchess of Cornwall, dan bahkan Kate Middleton setelah menikahi Pangeran William.

9. Jerman: Mercedez Benz S600L US$ 174.890

36.jpg

Kendaraan eksekutif Jerman digolongkan sebagai Sonderklasse, yang berarti “kelas istimewa”. Kendaraan itu memiliki kelas tersendiri. Sekarang ini, yang dipakai adalah seri S yang lebih ramping dan tentunya lebih canggih.

Beberapa fiturnya antara lain pencahayaan LED, bentuk eksterior untuk mengurangi hambatan angin, dan 2 tampilan lebar lengkap dengan grafis animasi teknologi tinggi.

Ada layar sentuh, tampilan di kepala dan Magic Body Control yang memungkinkan pengaturan mobil melalui navigasi dan gerakan sederhana. Mobil itu juga dilengkapi dengan Road Surface Scan yang mengintip keadaan jalan dan permukaan, lalu menyesuaikan pengaturan keselamatan sendiri.

10. Rusia: Mercedes S Class Limousine US$ 251.417

37.jpg

Presiden Vladimir Putin tidak menganggap enteng urusan mobilnya. Pilihannya jatuh kepada limousine Mercedes Benz S-Class yang rancangannya disesuaikan dengan kemauannya.

Pertama, roda kemudi dengan lambang elang berkepala 2 terbuat dari emas, lengkap dengan perlindungan baja, garis sabuk yang tinggi, atap rendah, interior kulit yang mewah, kemudi berbantu, dan lainnya.

Mobil itu tergolong yang paling bagus yang sanggup dibeli di Rusia dan seakan menjadi mobil-mobilan Putin ketika mulai dikerjakan pada tahun 2014.

11. Malaysia: Maybach 62 US$ 394.000

38.jpg

Di Malaysia, mobil kenegaraan yang dipakai adalah Maybach 62, walaupun Maybach sempat bermasalah dan kemudian bangkit kembali.

Di dalamnya, ada kursi kelas bisnis yang bisa rebah sepenuhnya lengkap dengan pendingin minuman. Lalu, ada meja piknik, fitur keselamatan, dan sejumlah teknologi terkini.

Raja Bhumibol Adulyadej dan keluarganya juga memilih Maybach 62 dengan mesin V12 dan interior yang luas, lengkap dengan sistem DVD dan CD, kulkas, dan pendingin wine.

Versi milik Raja Thailand lebih mahal, yaitu seharga US $ 500.000

12. Inggris: Jaguar XJ Sentinel US$ 455.025

39.jpg

Kendaraan ini dipilih menjadi kendaraan resmi Perdana Menteri Inggris, lengkap dengan lapis baja dan mesin V8 berukuran 5 liter. Tapi, banyak perincian fitur dan keamanan yang tidak dibeberkan.

Yang jelas, badan mobil terbuat dari Titanium, Kevlar, dan pelat baja. Jendelanya terbuat dari polikarbonat sehingga tahan tembakan peluru. Ada juga pasokan oksigen sekiranya, ada bencana dan kendaraan itu tahan serangan gas air mata.

Di dalamnya, seperti dunia impian teknologi dengan televisi definisi tinggi, penglihatan malam, dan sistem suara untuk sidang sambil jalan.

13. Vatikan: Mercedes Benz M Class US$ 524.990

40.jpg

Paus Fransiskus berkendaraan dengan gaya di atas Popemobile, sambil melambai-lambaikan tangan dan menyempatkan menciumi bayi-bayi. Dia meneruskan tradisi menggunakan Mercedes Benz. Kali ini dengan M Class.

Cukup mengejutkan bahwa Paus yang mengajarkan hidup dalam kesederhanaan itu menggunakan mobil seharga lebih dari setengah juta dollar, tapi tentunya semua itu demi perlindungan dan keamanan.

Walau biasanya berjalan perlahan, kecepatan mobilnya bisa mencapai 160 kilometer per jam.

14. China: Hongqi Limousine US$ 801.624

41.jpg

Hongqi Limousine adalah mobil termahal di China. Jika diterjemahkan, Hongqi berarti “bendera merah” yang mewakili imej China.

Mobil itu memiliki transmisi 8 kecepatan dan 4 mesin V8 dengan turbo yang menghasilkan torsi 530 pon dan 381 tenaga kuda sehingga bisa melejit dari 0 ke 100 kilometer per jam hanya dalam 8 detik. Kecepatan maksimumnya adalah 220 kilometer per jam.

15. Amerika Serikat: Cadillac One US$ 1.500.000

33.jpg

Ketika Presiden Amerika Serikat ingin berkeliling, dia menaiki Cadillac One buatan General Motor sebagai kendaraan resmi kenegaraan.

Amerika Serikat telah menggunakan mobil kenegaraan selama 80 tahun terakhir, tapi yang sekarang bagus sekali, Cadillac model limo yang tentu saja berlapis baja.

Bukan hanya itu, dalam Cadillac One, ada pasokan darah yang golongannya sama dengan golongan darah Presiden. Ada juga tabung oksigen untuk keadaan darurat, dan tentunya perangkat pandangan malam.

16. Ratu Inggris: Bentley State Limousine US$ 15.167.500

42.jpg

Ketika Ratu Elizabeth berkeliling, dia menaiki sebuah Bentley State Limousine yang diperlengkapi dengan semua keperluan Ratu.

Mobil itu sendiri diciptakan sebagai edisi HUT ke 50 kendaraan ikonik tersebut.

Karena usianya, pintu mobil Bentley ini bisa dibuka membentang 90 derajat, ditambah lagi dengan rumah kaca panoramik, sehingga dia bisa mudah memandang ke luar walaupun lengkap dengan fitur keamanan.

Advertisements