Ibu Negara memang selalu terlihat buat ngedampingin suaminya yang menjadi pemimpin Negara. Malahan, karena penuh pesona, ada beberapa ibu negara yang jadi lebih disorot kisah hidupnya daripada suaminya.

Tidak perlu diragukan lagi, mereka selalu tampim membuat orang kagum dan selalu menjadi panutan dalam segala hal, mulai dari penampilan sampai dengan kegiatan sosial.

Mereka juga mempunyai daya tarik, kecantikan, pesona, kecerdasan dan karakter yang kuat. Beberapa istri dari pemimpin negara ini pun berhasil mencuri hati jutaan orang di dunia. Siapa saja mereka?

1. Jacqueline Kennedy, Amerika Serikat

17.jpg

Sebagai ikon gaya, Jacqueline masih mengilhami desainer dan pembuat film. “Gaun itu harus cukup ketat untuk menunjukkan bahwa Anda adalah seorang wanita, dan gaun harus cukup longgar untuk menunjukkan bahwa Anda seorang wanita.” Jackie juga membuat orang terpikat karena kelembutan, humor, kecerdasan, dan pengabdiannya buat John F.Kennedy, suaminya.

2. Michelle Obama, Amerika Serikat

18.jpg

Alami dan bersemangat, Michelle Obama mendapatkan rasa hormat.

Dalam mengatasi obesitas di Amerika Serikat, Michelle meluncurkan program yang disebut “Ayo Bergerak!” dan mendirikan sebuah taman di Gedung Putih, juga memberikan contoh makan sehat.

Gaya busananya juga layak untuk dapatin pujian khusus karena gayanya yang feminim dan modis.

3. Grace Kelly, Monako

19.jpg

Aktris Hollywood yang cantik dan sukses ini meninggalkan karirnya untuk menjadi seorang putri di kerajaan.

Dia menikah dengan Pangeran Rainier III dari Monako. Pada tahun 1982, Grace Kelly meninggal dalam kecelakaan. Dia adalah sosok yang benar-benar ikonik.

4. Carla Bruni, Perancis

20.jpg

Tidak ada yang tahu, siapa yang beruntung ngedapatain pasangan dari pernikahan Carla Bruni dan Nicolas Sarkozy.

Karena pada tiap tatapannya, Nicolas selalu melihat istrinya memakai tatapan yang begitu memuja. Sebagai seorang model yang sukses, penyanyi, dan penyair yang cerdas dan cantik, dunia sudah mengenalnya sebelum politisi Nicolas Sarkozy.

Meskipun mempunyai masa lalu yang agak skandal, Ibu negara yang satu ini dengan cepat menjadi wanita favorit di Perancis, terutama karena sifatnya yang mencintai kebebasan.

5. Melania Trump, Amerika Serikat

21.jpg

Donald Trump mungkin membuat perasaan yang berbeda kepada orang-orang, tetapi yang pasti, Melania membuat semua orang ngelihatin dia.

Melania memulai karirnya saat berumur 16 tahun dengan tampil di pertunjukkan Milan dan Paris. Pada tahun 1999, model ini bertemu dengan Donald Trump.

Miliarder itu ditolak, tetapi Donald Trump rajin untuk mendekati Melania. Jadinya, perasaan Donald Trump mulai dihargai Melania.

6. Chantal Biya, Kamerun

22.jpg

Ibu Negara dari Kamerun ini tidak bisa membuat tidak diperhatikan. Chantal terlibat dalam amal, dan menjadi yang pertama di Afrika membuat Pusat Penelitian Referensi Internasional untuk Pencegahan dan Manajemen HIV/AIDS memakai namanya.

Di luar negeri, pesona wanita pertama dari Kamerun dikenal lebih daripada suaminya, Presiden Paul Biya.

7. Sheikha Mozah binti Nasser Al Missned, Qatar

23.jpg

Yang Mulia Sheikha Mozah binti Naseer Al Missned, istri dari mantan Emir Qatar, adalah salah satu wanita paling bergaya di Timur.

Meskipun punya tradisi daerah, Mozah berani muncul di depan umum dengan muka yang tidak bercadar.

Dia juga pernah menjadi utusan Unesco dan punya gelar Ph.D, yang didapat dari kerajaan Inggris.

Dia dianggap sebagai “kardinal abu-abu” dari Qatar. Fakta bahwa saat ini Emir Tamim bin Hamad Al Thani bukanlah anak sulung dan ahli waris.

Bertentangan dengan prinsip senioaritas, tahta Qatar digantikan oleh putra Sheikha Mozah ini. Modernisasi negara dan pembentukan hubungan dengan dunia barat disebut sebagai prestasinya.

8. Queen Letizia, Spanyol

24.jpg

Letizia, istri dari Raja Philip VI Spanyol adalah sosialita politik, ikon fashion, dan ibu dari 2 anak perempuan.

Ratu Letizia lebih dikenal di luar negeri daripada suami royalnya, seengaknya di kalangan perempuan, karena majalah fashion selalu menulis tentang dirinya.

Letizia mempunyai karir cemerlang sebagai wartawan. Setelah menjadi putri, dia memenangkan banyak penghargaan karena prestasinya dalam perlindungan anak serta promosi budaya dan pendidikan.

9. Queen Rania, Yordania

25.jpg

Wanita yang elegan ini adalah istri dari Raja Yordania dan mempunyai 4 anak. Kisah ratu Rania lebih mirip dengan cerita Cinderella modern. Seorang gadis biasa yang kerja di kantor Citibank di Amman, dan di sana, dia bertemu dengan calon suaminya.

Ratu Rania mengatakan kalau dia menganggap dirinya sebagai wanita yang benar-benar Arab dan mencurahkan sebagian besar waktunya untuk keluarganya.

Tetapi, pada saat yang sama, dia mengepalai dana yang berjuang untuk hak-hak perempuan, berdiri melawan kekerasan terhadap anak, mendukung program vaknisasi dan donasi organ, dan bertujuan untuk membekali semua sekolah dari Yordania dengan komputer.

Rania secara aktif terlibat dalam kebijakan Internasional, dan dia adalah patron dari perlindingan terhadap seni

10. Peri Bunga Peony, Peng Liyuan, Tiongkok

26.jpg

Istri Presiden Tiongkok Xi Jinping adalah seoramg penyanyi terkenal di Tiongkok. Ketika Peng Liyuan bertemu dengan calon suaminya pada tahun 1986, hampir tidak ada yang pernah dengar tentang Xi Jinping. Tetapi, Peng Liyuan terkenal dan dicintai.

Wanita ini dikenal ceras, berkarakter kuat, dan mempunyai pengaruh yang cukup besar di negeri Tiongkok ini. Bahkan, Peng Liyuan adalah seorang Mayor Jenderal.

Peng disebut dengan Peri Peony karena Peony sendiri adalah bunga yang sangat dihormati di Tiongkok. Peng pun dikaitkan dengan simbol kekaisaran Tiongkok itu dan mewujudkan keindahan serta sensualitas.

 

Advertisements