Pada setiap kasus penyeludupan, biasanya barang-barang yang diseludupkan adalah ponsel, obat terlarang ataupun pakaian. Bahkan, emas batangan pernah menjadi komoditas seludupan. Tapi, ada 1 lagi barang seludupan yang terbilang mewah, yaitu berlian.

Pada Kamis 23 Maret 2017, seorang pria mencoba masuk ke perbatasan dari Hong Kong ke China daratan dengan menyelundupkan 1.000 berlian di dalam sepatunya.

Namun, usaha penyeludupan itu gagal karena petugas bea cukai di perbatasan, mencurigai gera-gerik pelaku.

“Pria itu mencurigakan karena dia berjingkat-jingkat. Ketika sadar bahwa kami mengawasinya, dia berjalan normal,” kata seorang petugas.

Petugas perbatasan Shenzen pun meminta pria itu melepas sepatunya. Dan tidak disangka, di dalam sepatu itu ditemukan berlian 212,9 karat yang terbungkus dalam sebuah kantong plastik.

Beberapa hari sebelum kejadian, petugas imigrasi juga menangkap penyeludup yang mencoba melarikan 1,554 berlian ke China daratan. Pada tahun 2014, pria Hong Kong tertangkap karena mengenakan pakaian dalam yang telah dipenuhi 7 ribu butir berlian dan turis Tiongkok yang menyembunyikan berlian 6 karat di anus pada tahun 2015.

Advertisements