Bill Gates, pendiri Microsoft sekali lagi menduduki peringkat teratas orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Dan sementara itu, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump turun peringkat hingga 200 posisi.

Dengan menjadi orang terkaya lagi pada tahun ini, maka Bill Gates yang memiliki kekayaan senilai US$ 86 miliar itu telah menduduki peringkat teratas majalah Forbes selama 4 tahun berturut turut.

Di peringkat ke-2, diduduki oleh pemimpin Berkshire Hathaway, Warren Buffet dalam kelompok 10 besar orang terkaya yang didominasi oleh para miliarder asal Amerika Serikat itu.

Kekayaan Warren Buffet, orang terkaya ke-2 di dunia, diperkirakan Forbes mencapai angka US$ 75,6 miliar.

Di dalam peringkat 10 besar, terdapat nama-nama seperti pendiri Amazone, Jeff Bezos di peringkat ke-3, pendiri Facebook Mark Zuckerberg di peringkat ke-5 dan salah satu pendiri Oracle, Larry Ellision di peringkat ke-7.

Secara umum, jumlah miliarder di seluruh dunia melonjak 13% dibandingkan dengan tahun lalu menjadi 2.043 orang.

Lonjakan ini adalah yang terbesar sepanjang 31 tahun sejak Forbes mendata seluruh orang-orang terkaya di dunia.

Sejauh ini, Amerika Serikat masih menjadi negara dengan miliarder terbanyak yakni 565 orang. China menduduki posisi ke-2 dengan 319 orang miliarder, dan Jerman menduduki posisi ke-3 dengan 114 orang miliarder.

Sementara itu, Donald Trump terpeleset hingga 220 peringkat dan terdampar di peringkat ke-554 orang-orang terkaya di dunia dengan kekayaan diperkirakan mencapai US$ 3,5 miliar.

Forbes menyebutkan, tergelincirnya Donald Trump disebabkan oleh memburuknya pasar property di Manhattan yang sangat mempengaruhi kekayaan sang Presiden Amerika Serikat itu.

“Sebanyak 40% kekayaan Donald Trump terdapat di Trump Tower dan 8 gedung lain yang berjarak kurang dari 2 kilometer.” demikian Forbes.

“Sayangnya, kawasan itu saat ini perkembangannya tidak terlalu bagus,” lanjut Forbes.

Miliarder lain yang menduduki peringkat ke-10 besar adalah Amancio Ortega, pemilik Zara di peringkat ke-4, pengusaha telekomunikasi Meksiko, Carlos Slim di peringkat ke-6.

Charles dan David Koch menduduki peringkat ke-8 dan peringkat ke-9, serta mantan Walikota New York, Michael Bloomberg di peringkat ke-10.

Advertisements